Tambahan Kuota Haji 2023 Sebanyak 8.000 Jemaah, Menag: Akan Dibagi Secara Adil

Tambahan Kuota Haji 2023 Sebanyak 8.000 Jemaah, Menag: Akan Dibagi Secara Adil

Ilustrasi kuota haji Indonesia bertambah 8.000 jemaah -DOK-fin.co.id

Tambahan Kuota Haji 2023 Sebanyak 8.000 Jemaah, Menag: Akan Dibagi Secara Adil - Indonesia mendapatkan kuota tambahan 8.000 jemaah pada penyelenggaraan Haji 2023.

Terkait tambahan kuota haji 2023, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pembagian 8.000 jemaah itu akan dilakukan secara adil ke seluruh wilayah.

"Tolong dipastikan, orientasi kita adalah kepuasan jamaah haji, tidak ada orientasi lain di luar kepuasan jamaah. Kuota tambahan ini harus memiliki regulasi untuk dijadikan dasar kebijakan serta efisiensi waktu dan anggaran," katanya dalam keterangan persnya, Selasa, 9 Mei 2023.

Diketahui, Pemerintah Indonesia pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapat kuota memberangkatkan 221.000 jemaah ke Tanah Suci.

BACA JUGA:

Namun, Kementerian Haji Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji sebanyak 8.000 jemaah untuk Indonesia.

Kementerian Agama pun segera melaksanakan rapat bersama DPR RI untuk membahas pemanfaatan tambahan kuota haji tahun 2023.

Menteri Agama mengatakan bahwa pembagian kuota tambahan harus memperhatikan faktor seperti banyaknya pendaftar dan panjang antrean haji di suatu daerah.

Dicontohkannya, daerah seperti Sulawesi Selatan yang masa tunggu hajinya sampai 47 tahun harus mendapat kuota tambahan.

BACA JUGA:

Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam pembagian kuota haji, ia mengatakan, adalah tingkat pelunasan biaya perjalanan ibadah haji.

"Ini bisa menjadi pertimbangkan agar kuota bisa terserap optimal," kata dia.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan bahwa sebanyak 7.360 tambahan kuota akan diperuntukkan bagi haji reguler dan 640 lainnya untuk haji khusus.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: