Panji Gumilang Ajak Santri Ponpes Al Zaytun Pakai Salam Yahudi 'havenu shalom aleichem'

Panji Gumilang Ajak Santri Ponpes Al Zaytun Pakai Salam Yahudi 'havenu shalom aleichem'

Panji Gumilang--

Panji Gumilang Ajak Santri Ponpes Al Zaytun Gunakan Salam Yahudi 'havenu shalom aleichem'

Pembicaraan tentang pimpinan Pondok Pesantrean (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang terus berlanjut di media sosial.

Setelah sebelumnya mengaku menganut mazhab Bung Karno dalam beribadah, kini Panji Gumilang mengajak para santri menggunakan salam umat Yahudi. 

Hal ini seperti tersebar di media sosial dalam bentuk sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @say.kocak, yang dilihat fin pada Selasa 9 Mei 2023. 

Dalam video itu juga terlihat Lucky Hakim yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat, ikut hadir dalam acara tersebut.

Dalam video itu, Panji Gumilang dalam pidatonya memperkenalkan salam dalam bahasa ibrani yang biasa dipakai oleh umat Yahudi dan Kristen. Salam itu berbunyi 'havenu shalom aleichem.'

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ujar Panji Gumilang dalam video itu. 

BACA JUGA:Viral Salat Idulfitri di Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Ridwan Kamil Bilang Begini

BACA JUGA:Santriwati Dicabuli Pimpinan Ponpes di Serang Banten, Mulut Ditutup Bantal

Kemudian setelah semua santri dan tamu undangan berdiri, Panji Gumilang mulai mencontohkan ucapan salam itu sambil dirinya bernyanyi. "Havenu Shalom Aleichem," ajak Panji Gumulang dengan nada lagu tersebut.

Lucky Hakim saat itu juga ikut berdiri dan ikut benyanyi bersama. "Muka Wabupnya seperti tertekan," tulis caption dalam video di akun @say.kocak tersebut.

Lewat kolom komentar, Lucky Hakim yang saat ini telah mundur dari jabatan Wakil Bupati, mengatakan momen itu terjadi pada tahun lalu wkatu dirinya masih menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu.

 "Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah. Di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern. Selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak al zaitun bila mana ada yang mau tahu tentang metode dan ajarannya," tulis Lucky Hakim.

Salah satu netizen mangatakan, salam itu biasanya diajarkan di Gereja oleh pendeta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: