Viral Salat Idulfitri di Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Ridwan Kamil Bilang Begini

Viral Salat Idulfitri di Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Ridwan Kamil Bilang Begini

Salat Idulfitri di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu.--

Salat Idulfitri Ponpes Al-Zaytun Indramayu - Viralnya pelaksanaan salat Idulfitri Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat yang mencampur jemaah laki-laki dan perempuan ditanggapi Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. 

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan pelaksanaan salat Idulfitri di Ponpes Al-Zaytun Indramayu yang mencampur jamaah laki-laki dan perempuan. 

Ridwan mengatakan, terkait salat Idulfitri Ponpes Al Zaytun tersebut bukan kewenangannya sebagai gubernur.

"Ya itu nanti wilayah kewenangannya lebih kepada Majelis Ulama Indonesia bukan kewenangan administrasi kepemerintahan, masalah fiqih ya wewenangnya," kata Gubernur Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 26 April 2023.

BACA JUGA:Pesantren Al-Zaytun Bikin Heboh, Salat Id Berjamaah Pria dan Wanita Satu Shaf, MUI: Secara Hukum Tidak Haram

Ia mengatakan apabila MUI telah memberikan rekomendasi tentang persoalan tersebut kepada Pemprov Jawa Barat maka pihaknya siap melakukan tindak lanjut terkait persoalan tersebut.

"Nanti kalau ada rekomendasi dari MUI bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus ada pola-pola, baru kami tindaklanjuti. Tapi per hari ini kami masih menunggu apa rekomendasi dari MUI. Ulangi saja kalimatnya, kami menunggu Apakah Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu turun karena itu wilayah fiqih," kata dia.

Sebelumnya, di ranah dunia maya viral unggahan akun instagram @kepanitiaanalzaytun, yang menampilkan berbagai kegiatan acara di Ma'had Al-Zaytun Indonesia unggahan foto Shalat Idul Fitri pada Sabtu (22/4), video tersebut memicu kontroversi dari warganet.

Dalam unggahan tersebut terlihat jamaah Shalat Idul Fitri dibuat berjarak dan juga terlebih seorang jamaah wanita yang salat di posisi paling depan di antara jamaah laki-laki.

BACA JUGA:Siap Bertemu Megawati, PPP Dorong Kadernya Jadi Cawapresnya Ganjar, Sandiaga Uno?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: