Ratusan Buruh Dari KSPSI Tangerang Bakal Bergerak Ke DPR Peringati May Day 2023

Ratusan Buruh Dari KSPSI Tangerang Bakal Bergerak Ke DPR Peringati May Day 2023

Ilustrasi Aksi Demonstrasi Oleh Serikat Buruh di Kabupaten Tangerang. --Istimewa

Ratusan Buruh Dari KSPSI Tangerang Bakal Bergerak Ke DPR Peringati May Day 2023

- Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang akan ikut serta dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta pada 1 Mei 2023.  

Ketua DPC KSPSI Kabupaten Tangerang Rustam Efendi mengatakan, sekitar 300 massa buruh dari KSPSI Kabupaten Tangerang dikerahkan dalam peringatan May Day 2023 pada lusa nanti. 

Rencananya, ratusan massa buruh dari KSPS ini akan dipusatkan di gedung DPR untuk mengikuti aksi demonstrasi pada peringatan May Day itu. 

"Khusus dari KSPSI Kabupaten Tangerang ada sekitar 300 orang. Titik kumpul awal di kantor DPC untuk kemudian akan bertolak ke DPR," kata Rustam kepada FIN, Sabtu 29 April 2023.

Dikatakan Rustam, ada beberapa tuntutan yang dibawa KSPSI pada aksi peringatan May Day. 

BACA JUGA:

Diantaranya, buruh menuntut pemerintah dan DPR membatalkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2023 atau Undang-undang Cipta Kerja dan mencabut Permenaker Nomor 5 Tahun 2023 terkait upah murah.

"KSPSI tetap menolak undang-undang Cipta Kerja karena jelas merugikan buruh," ujarnya. 

Lebih dari itu Rustam juga menyoroti nasib buruh di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang semakin termarjinalkan. 

Bahkan menurutnya pemerintah lebih berpihak kepada pengusaha jika dilihat dari subtansi UU Cipta Kerja yang lebih menguntungkan pemilik modal daripada kelompok buruh. 

"Salah satu harapan kami pada peringatan May Day 2023 ini pemerintah lebih mengakui keberadaan kaum buruh sehingga tidak terkesan termarjinalkan," tandasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: