KPK Segera Panggil AKBP Achiruddin untuk Diperiksa

KPK Segera Panggil AKBP Achiruddin untuk Diperiksa

AKBP Achiruddin Hasibuan saat konferensi pers di Polda Sumut pada Selasa, 25 April 2023-@mazzini_gsp-Twitter

KPK Segera Panggil AKBP Achiruddin untuk Diperiksa - AKBP Achiruddin Hasibuan segera dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

AKBP Achiruddin Hasibuan akan diperiksa terkait kekayaan miliknya yang dinilai tak wajar.

Deputi Bidang Penindakan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengatakan pihaknya tengah mengumpulkan data perbankan dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) terkait AKBP Achiruddin Hasibuan.

Dikatakannya, pihaknya juga sudah membentuk tim untuk mengklarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) milik AKBP Achiruddin.

 BACA JUGA:

“Benar (KPK sudah membentuk tim dan membuat surat tugas untuk klarifikasi) dan sudah mulai pengumpulan data perbankan, BPN, dan sebagainya,” katanya, Jumat, 28 April 2023.

Pahala mengatakan KPK juga tengah mengumpulkan data lainnya mengenai detail materi yang akan diklarifikasi kepada yang bersangkutan.

Kendati begitu, Pahala menyebutkan bahwa jadwal pemanggilan AKBP Achiruddin Hasibuan untuk keperluan klarifikasi tersebut belum diketahui.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengonfirmasi pemblokiran dua rekening milik AKBP Achirudin Hasibuan dengan nilai mencapai puluhan miliar rupiah.

 BACA JUGA:

“Benar (diblokir), dari dua rekening yang diblokir, nilainya puluhan miliar,” kata Koordinator Kelompok Kehumasan PPATK Natsir Kongah dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (27/4).

Natsir mengatakan dua rekening yang diblokir tersebut adalah milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya Aditya Hasibuan.

Sementara itu, dari data LHKPN diketahui bahwa total harta kekayaan AKBP Achirudin Hasibuan tercatat berjumlah Rp467.548.644.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: