Ganjar Pranowo Diprediksi Bakal Kebanjiran Dukungan Parpol di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Ganjar Pranowo Diprediksi Bakal Kebanjiran Dukungan Parpol di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersalaman dengan Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)-@GunRomli-Twitter

Ganjar Pranowo Diprediksi Bakal Kebanjiran Dukungan Parpol di Pilpres 2024, Ini Alasannya - Ganjar Pranowo bakal kebanjiran dukungan dari partai politik (parpol) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ada alasan kuat menurut Ketua Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Dewi Anggraini yang membuat Ganjar akan kebanjiran dukungan.

"Banyak partai akan merapat ke PDIP (mengusung Ganjar) mungkin tidak hanya Hanura dan PPP saja sebab PDIP adalah partai pemenang Pemilu 2019," katanya, Kamis, 27 April 2023.

Diungkapkannya sebagai partai pemenang Pemilu 2019, partai besutan Megawati Soekarnoputri diyakini akan mengerahkan semua mesin politik, termasuk berkoalisi dengan sejumlah partai untuk memenangkan pemilu untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

BACA JUGA:

Analisis politik tersebut disampaikan Dewi berkaca dari Pilpres 2019, pada waktu itu beberapa partai politik berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Joko Widodo bersama Ma'ruf Amin.

"Pada saat itu banyak partai memilih bergabung dengan PDIP. Hanya PKS, Demokrat, PAN, dan Gerindra di luar itu, selebihnya merapat ke partai pemenang," ujarnya.

Terkait dengan PPP dan Hanura yang mendeklarasikan Ganjar Pranowo untuk maju di pilpres selang beberapa hari setelah lebih dahulu dideklarasikan PDIP, Dewi menilai hal itu bisa disebabkan dua faktor.

BACA JUGA:

Pertama, bisa saja karena adanya kedekatan ideologi partai dan kedua faktor elektabilitas Ganjar Pranowo yang dinilai Hanura maupun PPP cukup tinggi atau berpeluang memenangkan Pilpres 2024.

"Dari beberapa hasil survei elektabilitas Ganjar cukup tinggi, tentu saja banyak partai akan merapat ke PDIP," kata dia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: