Ustad Hafzan El Hadi Dipolisikan Gegara Sebut Muhammadiyah Mirip Syi'ah, Kini Buru-Buru Minta Maaf

Ustad Hafzan El Hadi Dipolisikan Gegara Sebut Muhammadiyah Mirip Syi'ah, Kini Buru-Buru Minta Maaf

Ustad Hafzan El Hadi sebut Muhammadiyah mirip Syiah--

Ustad Hafzan El Hadi Sebut Muhammadiyah Mirip Syi'ah-  Seorang ustad di salah satu pesantren di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatra Barat, Ustadz Hafzan El Hadi dipolisikan karena menyebut perserikatan Muhammadiyah sebagai ormas pemecah bela dan mirip dengan Syi'ah. 

Hafzan El Hadi mengatakan itu melalui akun facebooknya. Dia memposting sebuah video dan menulis caption tendensius tersebut. 

Adapun status yang dia tulis terkait penetapan 1 syawal atau hari Raya Idul Fitri Muhammadiyah yang berbeda dengan Pemerintah karena menggunakan metode hisab. 

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat, Deri Rizal membenarkan bahwa yang melaporkan Hafzan El Hadi adalah Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Payakumbuh.

BACA JUGA:

"Sudah dilaporkan kawan-kawan angkatan muda Muhammadiyah. Disamakan Muhammadiyah dengan sekte Syi'ah," katanya, Rabu 26 April 2023.

Meskipun Hafzan El Hadi telah meminta maaf, namun Deri Rizal mengatakan proses hukum tetap harus berjalan. 

"Jadi ini dianggap melanggar UU ITE. Kemudian muncul video minta maaf dan klarifikasi. Sampai sekarang untuk laporan tetap jalan. Kasus tetap lanjut," katanya. 

Laporan atas Hafzan El Hadi atas nama Ali Anhar Dt. Lelo. Laporan itu diterima dengan nomor ADUAN/ 95/IV/2023/SPKT/POLRES PAYAKUMBUH.

Adapun status Ustad Hafzan El Hadi di facebooknya tersebar melalui tangkapan layar. 

Status pertama berbunyi:  "Yang masih menganut sekte Muhamm*diyah biar melek, ini sisi kesamaannya dengan Syi'ah. Ber-Islam lah tanpa Ormas."

Kemudian status itu diedit lagi dengan narasi: “Yang masih menganut sekte Muhamm*diyah biar melek, ini sisi kesamaannya dengan Syi'ah. Apa yang dicari dari ormas pemecah belah ini?”.

Hafzan El Hadi mengaku telah mengedit status itu agar sedikit halus, namun statusnya terlanjur tersebar berupa tangkapan layar. 

Setelah viral, El Hadi buru-buru membuat klarifikasi dan permohonan maaf kepada Muhammadiyah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: