Polri Tengah Selidiki Kasus Ancaman Peneliti BRIN AP Hasanuddin pada Warga Muhammadiyah

Polri Tengah Selidiki Kasus Ancaman Peneliti BRIN AP Hasanuddin pada Warga Muhammadiyah

Peneliti BRIN AP Hasanuddin ancam bunuh warga Muhammadiyah--

Polri Tengah Selidiki Kasus Ancaman Peneliti BRIN AP Hasanuddin pada Warga Muhammadiyah - Kasus pengancaman yang dilakukan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) AP Hasanuddin tengah diselidiki Polri.

AP Hasanuddin mengancam warga Muhammadiyah melalui media sosial terkait perbedaan penetapan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Polri merespons adanya ancaman segala macam dengan melakukan penyelidikan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Selasa, 25 April 2023.

Pada Senin, 24 April 2023, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid A Bactiar mengatakan pihaknya sedang menganalisa karakteristik psikologis atau profiling terkait pernyataan ancaman tersebut.

BACA JUGA:

"Sedang kami profiling tentang pernyataan tersebut," kata Vivid.

Secara terpisah, pengurus Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa untuk membuat laporan polisi terkait komentar ancaman dari peneliti BRIN tersebut.

Tiga orang perwakilan pengurus PP Pemuda Muhammadiyah itu didampingi pengacara tiba di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, pukul 09.19 WIB.

Mereka kemudian menuju ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Bareskrim Polri dan belum mau memberikan komentar sebelum membuat laporan. 

BACA JUGA:

Komentar ancaman itu diunggah oleh Andi Pangerang (AP) Hasanuddin, seorang peneliti astronomi BRIN pada tautan yang diunggah peneliti BRIN Thomas Jamaluddin soal perbedaan metode penetapan hari Lebaran 2023.

Awalnya, Thomas berkomentar bahwa Muhamamdiyah sudah tidak taat pada keputusan Pemerintah karena menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H berbeda dengan penetapan Pemerintah. Komentar Thomas itu dibalas oleh akun AP Hasanuddin dengan nada sinis dan mengancam.

Beberapa komentar yang diunggah oleh AP Hasanuddin terkait perbedaan itu pun ramai di media sosial.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: