Mesin Besar 155cc, Berapa Konsumsi BBM Nmax, Irit Atau Boros?

Mesin Besar 155cc, Berapa Konsumsi BBM Nmax, Irit Atau Boros?

Ilustrasi - Konsumsi BBM Nmax-Diki Wahyudi Imam-FIN

Konsumsi BBM Nmax - Nmax adalah salah satu motor andalan Yamaha. Eksistensi skuter besar ini luar biasa bagi Yamaha, tentunya dalam mendukung penjualan Yamaha. 

Bentuknya yang besar dan kapasitas mesin yang lumayan, membuat Yamaha Nmax dicap sebagai motor yang boros. Bahkan, Nmax disebut lebih boros dari kompetitor utamanya, yaitu Honda PCX. Benarkah stigma tersebut?

Artikel ini akan membahas tentang motor Yamaha Nmax, khususnya tentang konsumsi BBM Nmax, apakah benar anggapan orang-orang soal stigma Yamaha Nmax motor boros BBM?

Memang, konsumsi BBM menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli kendaraan bermotor, termasuk motor. 

BACA JUGA:

  1. Intip Yuk! Harga Yamaha WR 155 R, Motor Trail Murah Dengan Tampilan Baru Makin Sangar
  2. Cek Disini! Harga Motor Fazzio Neo Yamaha Terbaru 2023, Harga OTR Jakarta

Sebelumnya, banyak dikeluhkan oleh pengguna Yamaha Nmax, motor matic yang satu ini bisa dikatakan cukup boros dalam mengonsumsi bahan bakar. 

Namun demikian, atas banyaknya keluhan tersebut, Yamaha tak tinggal diam. Yamaha pun bergerak menciptakan Nmax yang lebih irit bahan bakar. 

Yamaha Nmax Lama vs Nmax Baru

Varian baru Nmax yakni Yamaha Nmax 2020, adalah era baru Yamaha Nmax irit bahan bakar. Yamaha Nmax 2020 itu dirilis pada akhir tahun 2019 lalu. 

Jika dibandingkan dengan Yamaha Nmax 2019, varian baru ini sudah tidak boros lagi dan jadi lebih efisien. Tidak hanya persoalan konsumsi BBM Nmax saja, varian baru ini juga membawa beberapa perubahan, terutama pada desain yang lebih agresif.

BACA JUGA:

  1. Cek Disini! Harga Motor Trail Yamaha WR 150, Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150 Terbaru
  2. Spesifikasi Motor Listrik GOVA F600, Dibanderol Mulai Rp20 Jutaan hingga Tukar Baterai

Berbicara mengenai konsumsi BBM Nmax, sebenarnya apa yang membuat generasi Yamaha Nmax baru jadi lebih hemat dari Yamaha Nmax lama? Tentu satu hal yang perlu diperhatikan adalah detail spesifikasi mesin yang digunakan.

Tipe mesin yang digunakan oleh dua generasi Yamaha Nmax ini tidak mengalami perubahan, keduanya masih menggunakan mesin berkubikasi 155 cc teknologi VVA dan Blue Core. 

Namun, ada perbedaan pada torsi, tenaga, dan juga tangki bensinnya. Tangki bensin generasi baru sebesar 7,1 liter, sedangkan generasi lama hanya 6,6 liter.

Yamaha Nmax baru mampu meraih tenaga puncak hingga 15,15 hp di putaran 8.000 rpm. Akan tetapi, torsi yang didapatkan hanya 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

BACA JUGA:

  1. Cara Kerja Motor Listrik yang Harus Dipahami, Termasuk Kelebihan dan Kekurangannya
  2. Honda BeAT 150cc Siap Mengaspal Tahun 2023, Cek Spesifikasi dan Bocoran Harganya

Sedangkan Yamaha Nmax lama tenaga puncak yang bisa dicapai hanya 14.88 hp di putaran 8.000 rpm, dan torsi yang didapatkan mencapai 14.4 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Terlihat jelas ada perbedaan diantara keduanya. Namun, meskipun varian Nmax baru ini memiliki torsi yang lebih rendah, Yamaha mengklaim bahwa hal tersebut dibuat untuk tarikan yang tidak begitu galak, sehingga Kamu sebagai pengendara bisa merasa nyaman saat menggunakannya.

Pembahasan tersebut baru membandingkan generasi Nmax 2020 dengan Nmax 2019, namun perbedaannya sudah terlihat begitu jelas. 

Yamaha terus membuat generasi Nmax dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi sehingga konsumsi BBM-nya jauh lebih hemat dari generasi-generasi sebelumnya.

BACA JUGA:

  1. Bocoran Harga New Honda Beat 150 cc 2023: Saingan NMax Punya Fitur Idling Stop System
  2. Begini Tampang New Honda Beat 150 cc 2023, Motor Murah Spesifikasi Gak Murahan!

Seperti Yamaha Nmax 2021 yang sudah dilengkapi dengan Stop Start System (SSS), Smart Motor Generator (SMG), dan posisi engine mounting pada bagian bawah.

Konsumsi BBM Nmax Lama

Berbicara mengenai konsumsi BBM untuk generasi Yamaha Nmax lama, apakah memang seboros itu? Jika melihat dari beberapa pengguna, 1 liter BBM ini bisa menempuh jarak hingga 39 km di jalur dalam kota.

Sedangkan sumber informasi dari pengguna lain mengatakan 1 liter bisa menempuh jarak hingga 45 km di jalur luar kota. Angka tersebut sebenarnya masih termasuk efisien mengingat Yamaha Nmax merupakan motor matic dengan body bongsor.

Konsumsi BBM Nmax Baru

Lalu apa bedanya dengan konsumsi BBM Yamaha Nmax baru? Dengan tipe mesin yang sama, apakah memang Nmax baru lebih hemat? Menurut beberapa pengguna Yamaha Nmax baru, 1 liter BBM bisa menempuh jarak hingga 39,5 km.

Memang selisihnya tidak terlalu jauh dengan varian yang lama, tapi hal tersebut menjadi pastinya menjadi pertimbangan bagi Kamu yang akan memilih diantara keduanya bukan? Lalu bagaimana dengan varian Yamaha Nmax baru lainnya?

BACA JUGA:

  1. Keren Nih! Motor Listriknya Anak Muda Davigo Dragon S, Bisa Cicil Tanpa DP
  2. Subsidi Motor Listrik Sebesar Rp7 Juta Dimulai, Begini Cara Mendapatkannya

Konsumsi BBM Nmax 2021 memberikan kabar baik untuk Kamu, karena 1 liter BBM bisa menempuh jarak antara 37 hingga 40 km. Generasi Nmax 2021 ini memiliki 3 varian yang bisa Kamu pilih yakni Yamaha Nmax 155 Standard Version, Yamaha Nmax 155 Connected Version, dan yang terakhir Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version.

Untuk konsumsi BBM Nmax 2022 masih sama seperti sebelum-sebelumnya dimana 1 liter BBM rata-rata bisa menempuh jarak 40 km. Begitu juga dengan konsumsi BBM Nmax 2023.

Demikian pembahasan mengenai konsumsi BBM Nmax, semoga bermanfaat bagi Anda. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: