Video Viral Pasien Meninggal Terlantar di Puskesmas Negeri Lama, Dinkes Buka Suara

Video Viral Pasien Meninggal Terlantar di Puskesmas Negeri Lama, Dinkes Buka Suara

Foto by harianfikiransumut.com--

Puskesmas Negeri Lama- Dinas Kesehatan Sumatera Utara angkat bicara terkait video viral pasien diterlantarkan di sebuah puskesmas yang ada di Negeri Lama, Labuhanbatu, Sumatera Utara. 

Kadis Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit mengatakan, pasien tersebut bernama Padli Simanjuntak yang merupakan karyawan di sebuah kebun milik PT SHJ. 

Dijelaskan, pasien itu telah meninggal sebelum dibawa ke Puskesmas. Sebelum ke Puskesmas, pasien mendapat perawatan di klinik tempatnya bekerja. 

Pihak keluarga membawanya ke Puskesmas karena ingin bapaknya diberi tindakan.

"Pasien sudah meninggal dari klinik kebunnya sendiri. Hal itu sudah dinyatakan oleh perawat dan dokter kebun PT SHJ," kata Alwi Mujahit, dikutip Jumat 21 April 2023.

BACA JUGA:

"Begitu pun pihak keluarganya tidak percaya sama mereka, sehingga mereka membawa pasien ke puskesmas agar bapaknya diinfus atau diberi tindakan. Padahal sudah exit (meninggal)," sambungnya. 

 Alwi mengakui Puskesmas tersebut kekurangan dokter. Namun untuk pelayanan dibuka 24 jam. 

"Kalau perawat IGD dan bidan RB Puskesmas Negeri Lama stand by 24 jam di puskesmas walaupun sekarang Puskesmas Negeri Lama turun kelas menjadi puskesmas rawat jalan saja. Kriteria rawat inap untuk klaim BPJS enggak memenuhi syarat karena kurang dokter," ujar Alwi.

Alwi ingin agar video viral itu diklarifikasi agar tidan menjadi fitnah bagi institusi kesehatan.

"Kita enggak boleh diam saja biar ke depannya masyarakat enggak seenak hatinya nya aja buat gini. Panggil kedua belah pihak (puskesmas dan si pembuat video) dan buat klarifikasi," kata Alwi. 

Sebelumnya, video viral seorang pasien terlantar di puskesmas yang ada di Negeri Lama, Labuhanbatu, Sumatera Utara viral. 

Dalam video yang beredar itu terlihat seorang perempuan yang menyampaikan protes karena di puskesmas tidak ada dokter. 

Wanita itu menyebut jika orang tuanya sudah satu jam menunggu tapi tidak mendapatkan pertolongan oleh dokter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: