Gus Nadir Bilang yang Idul Fitri Tanggal 21 Jangan Takbir dan Jangan Pakai Fasilitas Pemerintah untuk Salat

Gus Nadir Bilang yang Idul Fitri Tanggal 21 Jangan Takbir dan Jangan Pakai Fasilitas Pemerintah untuk Salat

Nadirsyah Husen atau Gus Nadir--Tangkapan layar video

Gus Nadir Sindir Muhamamdiyah yang Idul Fitri tanggal 21 April-  Cendekiawan Nahdatul Ulama (NU) Nadirsyah Husen atau Gus Nadir meminta pihak atau ormas yang merayakan Idul Fitri pada tanggal 21 April 2023, agar memiliki tenggang rasa. 

Adapun Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 21 April 2023. 

Menurut Gus Nadir, pemerintah tidak boleh melarang masyarakat atau Muhammadiyah yang merayakan lebaran di waktu yang berbeda dengan pemerintah. 

Di lain sisi, menurut Gus Nadir Muhammadiyah dan masyarakat yang rayakan lebaran tanggal 21 juga harus tenggang rasa dengan tidak menggunakan fasilitasi milik pemerintah untuk melakukan salat Idul Fitri. Seperti Lapangan Merdeka. 

"Yang berbeda juga harus bertenggang rasa. Pakai fasilitas sendiri aja. Jangan pakai fasilitas publik atau milik pemerintah. Gampang kan toleransi itu," kata Gus Nadir dikutip dari akun Twitter-nya, Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:

Menurunya, tenggang rasa itu bukan soal fasilitas pemerinta saja, tetapi takbir dan makan menu lebaran juga harus bertenggang rasa. Sebab masih ada pihak lain yang lebarannya besok atau tanggal 22 April. 

"Bukan cuma soal lapangan solat ied, tapi juga takbiran dan makan opor ayam. Bertenggang rasa karena masih ada yang lebarannya baru besok. Ini kalau lebarannya beda lho. Tunggu putusan sidang itsbat," kata Gus Nadir. 

Dia lantas diduga menyindir ormas yang mementingkan egonya dengan menggelar Idul Fitri pada 21 April yang berbeda dengan pemerintah. 

"Buat apa ada sidang itsbat kalau ormas mementingkan egonya sendiri? Kaidah fiqh: hukmul hakim yarfa’ul khilaf. Mau siapapun Menag-nya, dari ormas manapun, semua harusnya patuh dengan sidang itsbat. Buat apa sidang Itsbat kalau pemerintah juga disuruh memfasilitasi lebaran yang berbeda," katanya. 

BACA JUGA:

Pemerintah sendiri baru akan menetapkan hari raya Idul Fituri dalam sidang Isbat yang digelar pada 20 April 2023.

Sementara Muhamamdiyah telah menetapkan 1 Syawal atau Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.

Ada dua Wali Kota yang melarang Muhammadiyah di wilayahnya menggelar Salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka. Yakni Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: