Berikut Amalan-Amalan Saat Terjadi Gerhana Matahari Disertai Dalilnya

Berikut Amalan-Amalan Saat Terjadi Gerhana Matahari Disertai Dalilnya

Gerhana Matahari-ist-ist

BAmalan-Amalan Saat Terjadi Gerhana Matahari - Gerhana matahari adalah peristiwa alam yang terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi sehingga menyebabkan matahari terlihat seperti melingkar dan hanya cahayanya yang terlihat. 

Fenomena ini dapat diamati dari berbagai tempat di bumi, dan selalu menarik minat banyak orang karena keindahannya yang spektakuler.

Bagi sebagian orang, gerhana matahari juga memiliki makna dan nilai spiritual yang penting. 

Dalam Islam, saat gerhana matahari dan bulan terjadi, dianjurkan melakukan amalan-amalan berikut: 

1. Shalat Gerhana

Salah satu amalan yang disunnahkan saat gerhana matahari adalah shalat gerhana. 

Salat gerhana dilakuka tanpa azan. Hanya berupa seruan. 

“Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau lalu mengutus seseorang untuk memanggil jama’ah dengan: ‘ASH SHALATU JAMI’AH’ (mari kita lakukan shalat berjama’ah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku’ dan empat kali sujud dalam dua raka’at.” (HR. Muslim no. 901)

BACA JUGA:

Shalat gerhana dilakukan dengan dua rakaat seperti shalat sunnah biasa, namun ada beberapa perbedaan dalam tata cara pelaksanaannya. 

Shalat gerhana dilakukan dengan sujud yang lebih lama dari biasanya dan membaca surah Al-Fatihah dan surah lainnya dengan suara yang lebih keras.

Dalil untuk melakukan shalat gerhana adalah hadits dari Abu Musa Al-Asy'ari ra. yang menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda: 

"Gerhana matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda Allah, maka jika kalian melihatnya, maka berdirilah untuk shalat" (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berzikir dan Berdoa

Selain shalat gerhana, amalan yang dapat dilakukan saat gerhana matahari adalah berzikir dan berdoa. 

Berzikir dan berdoa pada saat gerhana matahari dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT yang menciptakan alam semesta ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: