Langka, Fenomena Gerhana Matahari Hibrida Lintasi Indonesia Pada 20 April

Langka, Fenomena Gerhana Matahari Hibrida Lintasi Indonesia Pada 20 April

Gerhana Matahari-ist-ist

Gerhana Matahari Hibrida Lintasi Indonesia di Penghujung Ramadan - Fenomena langka berupa Gerhana Matahari Hibrida akan melintasi wilayah Indonesia.

Fenomena Gerhana Matahari Hibidra melintasi wilayah Indonesia pada 20 April 2023.

Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Premana W Premadi menjelaskan apa   yang dimaksud dengan gerhana matahari hibrida.

Dikatakannya gerhana matahari hibrida utamanya berupa gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total.

BACA JUGA:

Fenomena tersebut dinilai sebagai kejadian yang langka. Sebab peristiwa tersebut jarang terjadi.

Dan Indonesia menjadi negara yang sangat beruntung karena dilintasi Gerhana Matahari Hibrida.

"Peristiwa yang jarang dan tentunya Indonesia beruntung sekali bisa mendapatkan gerhana matahari total," ujarnya  di Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA:

Premana yang menjabat selaku Kepala Observatorium Bosscha itu mengatakan fenomena gerhana matahari total berikutnya akan kembali melintasi Indonesia pada 2042.

Menurutnya, gerhana matahari total menarik dari berbagai aspek sebab fenomena itu tak hanya unik tetapi juga indah dan juga sudah dikenali masyarakat di dunia dalam berbagai peradaban.

"Kita pun secara astronomi bisa menghitung ke depan maupun ke belakang kapan saja pernah terjadi gerhana dan kapan lagi akan terjadi gerhana," kata Premana.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa peristiwa gerhana penting untuk dipelajari sebagai bagian dari sains, terutama gerhana matahari total sebab ketepatan waktu dan ketepatan posisi dapat dihitung dengan sangat seksama.

 BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: