7 Lokasi Rawan Kecelakaan pada Musim Arus Mudik Lebaran 2023 di Banjar

7 Lokasi Rawan Kecelakaan pada Musim Arus Mudik Lebaran 2023 di Banjar

Ilustrasi kecelakaan.-Hutama Karya-

7 Lokasi Rawan Kecelakaan pada Musim Arus Mudik Lebaran 2023 - Polres Banjar, Polda Kalimantan Selatan, mengimbau pemudik untuk mewaspadai tujuh lokasi yang menjadi titik rawan terjadi kecelakaan lalu lintas pada musim arus mudik Lebaran 2023.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat mengatakan, tujuh lokasi titik rawan itu tersebar pada sejumlah kawasan di Kabupaten Banjar.

"Kami mengimbau masyarakat dan pengguna kendaraan, khususnya pemudik, mewaspadai lokasi yang menjadi titik rawan laka lantas itu sehingga aman dan nyaman saat di perjalanan," ujar Ifan, Sabtu 15 April 2023.

Kasi Humas Polres Banjar AKP Suwarji menyebutkan, tujuh lokasi rawan kecelakaan tersebut adalah:

  • Jalan Gubernur Soebardjo dengan kerawanan pada jalan lurus dua arah, arus padat, minim rambu petunjuk dan sangat minim lampu penerangan jalan.
  • Jalan Gubernur Syarkawi, selanjutnya di Jalan Martapura Lama dengan kerawanan pada jalan sempit dan menyempit, arus lalu lintas padat, pengguna jalan tidak tertib serta lampu penerangan jalan minim.
  • Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 40 sampai Km 56 kerawanan karena jalan sempit, pengguna jalan tidak tertib/kurang hati-hati saat menyeberang dan setelah dari sungai, rumah penduduk terlalu dekat jalan raya, serta lampu penerangan jalan minim.
  • Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 8 sampai Km 14, potensi kerawanan pada rambu-rambu minim terutama rambu perputaran arah yang belum dipasang di kawasan tersebut.
  • Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 63 Kecamatan Mataraman kerawanan pada tikungan tajam, rambu-rambu petunjuk minim dan lampu penerangan jalan kurang.
  • Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 75 Kecamatan Simpang Empat dengan kerawanan pengguna jalan tidak tertib, pejalan kaki/penyeberang jalan tidak hati-hati, lampu penerangan jalan umum yang kurang.

"Jajaran Polres Banjar sudah koordinasi dengan instansi terkait terutama di Dinas Perhubungan Banjar dan PLN agar segera melengkapi fasilitas jalan umum," ujarnya.

Polres Banjar juga mengimbau masyarakat yang siap mudik agar mempersiapkan diri demi menjaga keselamatan dan persiapan rumah yang ditinggalkan.

"Sebelum berangkat pastikan kondisi badan sehat, cek kendaraan pastikan layak dikendarai, taati aturan berlalu lintas, bila lelah atau mengantuk jangan memaksakan diri berkendara," katanya.

Ia juga meminta pengendara mencari tempat istirahat yang aman dan nyaman di rest area yang telah disediakan pemerintah/kepolisian, dan cek juga kelengkapan surat-menyurat atau identitas diri.

"Pastikan sebelum ditinggal semua peralatan listrik dan ledeng dalam keadaan mati dan pintu serta jendela rumah sudah terkunci. Semoga perjalanan mudik aman, nyaman dan berkesan," tutur Suwarji.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: