Resep dan Cara Buat Kue Kuping Gajah Pakai 1 Kg Tepung, Cemilan Tamu di Hari Lebaran

Resep dan Cara Buat Kue Kuping Gajah Pakai 1 Kg Tepung, Cemilan Tamu di Hari Lebaran

Kue tepung gajah -Sajianlezat.com-

Resep dan Cara Buat Kue Kuping Gajah Pakai 1 Kg Tepung- Kue kuping gajah adalah salah satu jenis kue kering yang biasanya dihidangkan sebagai cemilan pada saat Hari Raya Idul Fitri. 

Kue ini memiliki bentuk yang tipis dan renyah, serta rasanya yang gurih dan manis. Berikut adalah resep kue kuping gajah yang bisa dibuat dengan hanya 1 kg tepung untuk cemilan lebaran Idul Fitri 1444 H.

Bahan Kuping Gajah

  • 1 kg tepung terigu serbaguna
  • 500 ml santan kental
  • 300 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kuping Gaja

Campurkan tepung terigu serbaguna, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tambahkan telur ayam dan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Diamkan adonan selama 1 jam. Panaskan wajan datar dengan api kecil.

BACA JUGA:

Ambil sejumput adonan dan tuangkan ke dalam wajan datar. Ratakan adonan dengan spatula hingga adonan tipis dan membentuk lingkaran seperti kuping gajah.

Biarkan adonan matang di satu sisi dan kemudian balik adonan. Biarkan matang hingga kedua sisi adonan berwarna kecokelatan dan renyah.

Angkat kue dan tiriskan. Ulangi proses penggorengan hingga semua adonan habis.

Kue kuping gajah siap disajikan. Kue kuping gajah dapat disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga kelembapan dan kelezatannya. 

Kue ini dapat dihidangkan bersama teh atau kopi pada saat lebaran atau sebagai cemilan di kala santai.

Dalam variasi resep kue kuping gajah, beberapa orang menambahkan bahan seperti kelapa parut atau daun pandan untuk memberikan aroma dan rasa yang berbeda. 

Selain itu, kue kuping gajah juga dapat dihiasi dengan gula halus atau cokelat cair untuk menambahkan variasi rasa dan tampilan.

Demikian resep kue kuping gajah yang bisa dibuat dengan hanya 1 kg tepung untuk cemilan lebaran Idul Fitri 1444 H. Selamat mencoba dan semoga sukses. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: