Ahli Gizi Sarankan Konsumsi Buah Saat Sahur atau Berbuka Puasa

Ahli Gizi Sarankan Konsumsi Buah Saat Sahur atau Berbuka Puasa

Buah Pepaya--(Pixabay)

Ahli Gizi Sarankan Konsumsi Buah Saat Sahur atau Berbuka Puasa - Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

Hal tersebut dikatakan oleh ahli gizi dan dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Nazhif Gifari, S. Gz, M.Si.

BACA JUGA:Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dan Tips dr. Zaidul Akbar

Nazhif mengatakan, saat berpuasa pada dasarnya konsumsi air kita tetap harus sama.

"Tentu sangat banyak manfaatnya kalau mengonsumsi buah saat puasa. Karena pada dasarnya, konsumsi air kita tetap harus sama, (yaitu) delapan gelas," ujarnya, dilansir Antara, Selasa, 11 April 2023.

Buah yang memiliki kadar air tinggi antara lain adalah melon, pepaya, semangka, pir dan apel. Selain mengandung air, buah-buah tersebut juga mengandung vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Buah-buahan itu juga mengandung mineral berupa kalium, kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ketika berpuasa.

BACA JUGA:Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadan, agar Badan Tetap Fit dan Bugar

"Jadi, buah penting juga dikonsumsi saat sahur atau berbuka," kata Nazhif.

Ketika sahur, Nazhif menganjurkan untuk mengonsumsi buah beberapa saat sebelum waktu imsak, setelah makan makanan berat.

Buah yang memiliki kadar air tinggi cocok dikonsumsi saat sahur supaya seseorang tidak cepat merasa haus ketika seharian berpuasa.

Ketika berbuka puasa, Nazhif menganjurkan untuk mengonsumsi buah terlebih dahulu untuk menetralisir asam lambung dan menggantikan kebutuhan gula alami pada tubuh.

Salah satu buah yang bisa dikonsumsi ketika berbuka puasa adalah kurma karena mengandung gula alami, yang bermanfaat bagi tubuh setelah berpuasa.

BACA JUGA:Manfaat Daun Selada, Sehatkan Jantung hingga Cegah Kanker

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: