Begini Upaya Pemerintah Atasi Lonjakan Penumpang yang Akan Mudik ke Sumatera

Begini Upaya Pemerintah Atasi Lonjakan Penumpang yang Akan Mudik ke Sumatera

Menhub Budi Karya Sumadi--Istimewa

Begini Upaya Pemerintah Atasi Lonjakan Penumpang yang Akan Mudik ke Sumatera - Sejumlah upaya dan antisipasi telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi lonjakan jumlah pemudik lebaran tahun 2023. 

Diantaranya, dengan menyiapkan pelabuhan Ciwandan dan Panjang yang akan digunakan untuk sepeda motor dan angkutan barang.

Penambahan dua pelabuhan ini juga dimaksudkan untuk memecah kepadatan di Pelabuhan Merak-Bakauheni yang akan dipadati kendaraan roda empat.

"Kemudian, menyiapkan armada kapal sebanyak 65 unit kapal di Merak-Bakauheni, 12 unit kapal roro di Ciwandan dan 3 unit kapal pelni untuk Ciwandan-Panjang," kata Menhub Budi Karya Sumadi, Senin 10 April 2023.

BACA JUGA:ASDP:

  1. Tidak Ada Penjualan Tiket Penyeberangan di Pelabuhan, Pembelian Hanya Bisa Dilakukan Secara Online
  2. Wajib Tahu! Pemudik Bermotor Arah Pulau Sumatera Dilayani Melalui Pelabuhan Ciwandan, Bukan Merak

Selain itu, sambungnya, akan ada penambahan kapasitas parkir kendaraan di area pelabuhan dengan merelokasi kantor ASDP Merak.

Selanjutnya, pihaknya juga akan menyiapkan buffer zone di KM 68, Km 89 dan Km 97 di tol arah Merak.

Selain untuk mengendalikan arus lalin (delaying system), menurut Menhub, tempat ini juga akan digunakan untuk memastikan penumpang sudah memiliki tiket yang dibeli secara daring/online.

"Dan memastikan ketepatan data manifest; serta melakukan pelebaran dan penataan bahu jalan Cikuasa bawah dan atas," jelasnya.

BACA JUGA:

  1. Kapolri Sigit Perintahkan Jalur Mudik ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan Dijaga Ketat Polisi
  2. Kapolri Sigit Imbau Masyarakat Berangkat Mudik Siang Hari, Ini Alasannya

Tidak lupa Menhub juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh-jauh hari secara online minimal H-1. Karena pada tahun ini sudah tidak ada lagi penjualan tiket langsung di pelabuhan.

"Bagi yang ingin menyeberang seyogyanya membeli tiket minimal 1 hari sebelum keberangkatan. ASDP menyediakan aplikasi Ferizy sehingga masyarakat dapat membeli secara online," tandasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: