Pengusaha Sambut Baik Arahan Menteri Bahlih, Gandeng UMKM Demi Pemerataan Ekonomi

Pengusaha Sambut Baik Arahan Menteri Bahlih, Gandeng UMKM Demi Pemerataan Ekonomi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjelaskan tentang kebutuhan dukungan infrastruktur untuk kawasan pertumbuhan ekonomi baru-Sigit Nugroho-FIN.CO.ID

Pengusaha Sambut Baik Arahan Menteri Bahlih, Gandeng UMKM Demi Pemerataan Ekonomi- Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat Surya Batara Kartika menyambut baik arahan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia atas ajakan kolaborasi antara pemerintah dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurutnya langkah tersebut dapat mendorong pemerataan ekonomi khususnya pertumbuhan ekonomi di daerah sehingga dapat terakselerasi.

“Kami sangat mengapresiasi upaya pemerintah , khususnya kementerian investasi dalam pemerataan ekonomi dengan cara mendorong investasi di daerah sehingga pertumbuhan ekonomi daerah bisa terakselerasi,” ujar Surya, Sabtu 8 April 2023.

“Kami selaku pelaku ekonomi di daerah sangat merasakan manfaat kemudahan-kemudahan investasi yang ada di daerah, perizinan dipermudah dan di sederhanakan,” sambungnya.

Dikatakan Surya, pelaku UMKM di daerah juga di dorong agar dapat menikmati investasi-investasi yang masuk baik secara langsung misalnya sebagai penyedia barang dan jasa, maupun secara tidak langsung seperti menikmati peningkatan kunjungan turis atau meningkatnya jumlah penduduk.

BACA JUGA:

“Karena cita-cita para deklarator negeri ini adalah kemakmuran yang merata, yang tidak hanya dinikmati oleh penduduk. di ibukota saja, atau di kota-kota besar saja,” ucapnya.

Lebih lanjut Surya menyampaikan pesan agar program percepatan dan pendampingan investasi dari Kementerian Investasi harus terus dijalankan sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi UMKM.

“Dan selanjutnya adalah program-program pemberdayaan UMKM berupa pendampingan, kemudahan izin, kemudahan akses modal perbankan dan akses pasar. Yang mana program-program tersebut juga senantiasa dijalankan oleh organisasi-organisasi kewirausahaan salah satunya Himpunan Pengusaha Muda Idonesia (Hipmi),” terang Surya.

Sebelumnya Menteri Bahlil mengatakan target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5,1% hingga 5,3% pada tahun 2023.

Salah satu strategi mempertahankan laju ekonomi tetap positif itu dilakukan pemerintah melalui realisasi investasi yang masuk ke dalam negeri.

Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar setiap investasi yang masuk harus mampu berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha daerah dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tingkat daerah supaya kue ekonomi daerah merata.

“Jangan orang Jakarta lagi, jangan lu lagi lu lagi. Ini yang melahirkan kecemburuan sosial. Gini rasio kita tak bisa terwujud (karena) 1 persen penduduk Indonesia menguasai akses ekonomi 50 persen. Jadi sampai kapan negara kita mau seperti ini?,” ujar Bahlil.

Bahlil menambahkan pemerataan ekonomi itu mulai terlihat dari investasi di luar wilayah Jawa lebih besar dibandingkan investasi yang ada di Jawa sendiri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: