Polemik Tutup Patung Bunda Maria, Polda DIY Ungkap Penyebab Kapolres Kulon Progo Dicopot

Polemik Tutup Patung Bunda Maria, Polda DIY Ungkap Penyebab Kapolres Kulon Progo Dicopot

AKBP Muharomah Fajarini-Sutarmi-ANTARA

Polda DIY Ungkap Penyebab Kapolres Kulon Progo Dicopot - Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini dimutasi menjadi perwira menengah (Pamen) di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pencopotan Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini diduga akibat isu penutupan Patung Bunda Maria.

Menanggapi isu yang beredar tersebut Polda DIY langsung menungkap alasan pencopotan Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini.

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda DIY AKBP Verena SW mengatakan mutasi terhadap Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini merupakan hal yang biasa terjadi di Polri.

Mutasi merupakan upaya penyegaran di institusi Polri.

BACA JUGA:

"Ya tentunya untuk mutasi jabatan di institusi Polri adalah suatu sistem ya, jadi pergantian itu memang suatu hal yang biasa. Pada saat kita sudah menjabat kemudian ada pergantian rolling itu fungsinya adalah untuk penyegaran," katanya dalam keterangannya, dikutip Jumat, 31 Maret 2023.

Diketahui berdasarkan surat telegram bernomor ST/714/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023, jabatan Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini digantikan oleh AKBP Ninuk Setiyowati yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Binsatpam Ditbinmas Polda Jateng.

Mutasi Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini terjadi beberapa hari usai isu penutupan Patung Bunda Maria di Kulon Progo.

Verena menyebut mutasi atau rotasi tak terkait dengan isu tersebut.

BACA JUGA:

"Kalau kita melihat itu rotasi saja," kata dia.

Verena menuturkan selain Kapolres Kulon Progo, ada dua pejabat lain di lingkungan Polda DIY yang dimutasi, yakni Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pengelolaan Informasi Dokumentasi (PID) Divisi Humas Polri, dalam rangka pendidikan Sespim.

Jabatan lama Yuliyanto digantikan Kombes Nugroho Ariyanto yang sebelumnya menjabat Kapolresta Serang Kota Polda Banten. Selain itu Kapolresta Sleman Kombes Aris Supriyono dimutasi menjadi Kabid Propam Polda Jateng.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: