Survei Indikator: Elektabilitas Erick Thohir Jadi Cawapres Melesat, Ridwan Kamil Malah Terjun Bebas

Survei Indikator: Elektabilitas Erick Thohir Jadi Cawapres Melesat, Ridwan Kamil Malah Terjun Bebas

Menteri BUMN Erick Thohir di acara Harlah ke-50 PPP (dok Ist)--

Survei Indikator: Elektabilitas Erick Thohir Jadi Cawapres Melesat, Ridwan Kamil Malah Terjun Bebas - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan calon wakil presiden (cawapres) akan menjadi figur penentu bagi kemenangan calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. 

Dalam hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk "Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru", Burhanuddin menyampaikan tiga teratas capres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto cenderung seimbang.

BACA JUGA:Ojo Dibandingke! Qodari Sebut AHY Sulit Tandingi Erick Thohir Sebagai Cawapres Terkuat di Pilpres 2024

BACA JUGA:Penyebab Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil dan AHY Sebagai Cawapres 2024, Versi Survei Indo Barometer

"Karena tidak ada yang dominan di tingkat capres, maka penting melihat siapa bakal cawapres yang mampu menutupi kelemahan elektoral tiga nama teratas, karena tidak ada yang dominan, maka cawapres akan jadi krusial," ujar Burhanuddin di Jakarta, Minggu 26 Maret 2023.

Burhanuddin mengatakan, hasil survei melalui sejumlah simulasi cawapres 18 nama, sembilan nama, dan lima nama menunjukan perubahan elektabilitas. 

Dalam simulasi 18 nama cawapres, nama-nama seperti Ridwan Kamil, AHY, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir bersaing cukup ketat. Namun secara tren, ucap dia, dukungan terhadap cawapres tidak banyak berubah, kecuali untuk Erick yang mengalami peningkatan.

"Sementara pada simulasi sembilan mama, Ridwan Kamil turunnya cukup tajam. Dukungan ke Erick Thohir menguat dan paling besar. Erick naiknya cukup tajam dari 10 persen jadi 14,5 persen. Dari empat nama yang alami kenaikan sangat positif itu Erick," lanjutnya.

BACA JUGA:Erick Thohir Maknai Hari Jadi Mangkunegaran untuk Menyongsong ASEAN Summit 2023

BACA JUGA:Elektabilitas Cawapres Erick Thohir Bisa Menangkan Capres

Burhanuddin menyampaikan dalam simulasi tujuh nama, Sandiaga dan Ridwan Kamil terlempar dari persaingan. Praktis hanya AHY dan ET yang bersaing ketat dengan selisih hanya tiga persen. 

Pun dengan simulasi lima nama cawapres yang kembali menempatkan Erick di posisi teratas.

"Di antara lima nama cawapres, perubahan terutama terjadi antara RK dan ET yang menunjukkan pola terbaik. Pada saat elektabilitas RK menurutnya signifikan, kedisukaan ET justru meningkat tajam," ucapnya.

Burhanuddin menyampaikan populasi survei adalah seluruh WNI yang punya hak pilih dengan usia 17 tahun lebih atau sudah menikah. Penarikan sampel sendiri menggunakan metode multistage random sampling.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: