Jamaah LDII Sepakat Tarawih Pertama Dilakukan di Rumah Masing-Masing

Jamaah LDII Sepakat Tarawih Pertama Dilakukan di Rumah Masing-Masing

Doa dan amalan hari Jumat. (Ilustrasi) -Ist-Berbagai sumber

LDII Sepakat Tarawih Pertama Dilakukan di Rumah Masing-Masing

Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Tabanan, Bali sepakat menjalankan ibadah salat Tarawih pertama di rumah masing-masing.

Yakni bertepatan pada 22 Maret mendatang saat Hari Suci Nyepi Caka 1945.

"Kami warga LDII sepakat Nyepi sebagai hari suci umat Hindu harus berjalan aman, nyaman, tenang, dan damai," kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) LDII Tabanan Imam Hambali, Senin 20 Maret 2023.

BACA JUGA:Mahfud MD Blak-Blakan Soal Transaksi Janggal Rp300 Triliun di Kementerian Keuangan

Menurutnya, kegiatan salat tarawih LDII atau kegiatan lain seperti tadarus (membaca Al-Qur'an) di hari pertama Ramadan akan dilaksanakan di rumah masing-masing.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk toleransi LDII dan menjaga keharmonisan dengan umat Hindu yang sedang menjalankan Hari Suci Nyepi.

Ia pun menegaskan di Gedung Sekretariat DPD LDII Tabanan juga tidak mengadakan acara apapun pada hari pertama puasa.

"Hal ini sebagai bentuk menyama braya (persaudaraan) dan toleransi terhadap umat Hindu yang ada di Tabanan. Kita semua adalah saudara yang wajib saling menjaga dan menghormati," ujarnya.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Saldo DANA Rp 150 Ribu Langsung Cair, Tanpa Syarat!

Menurut Hambali, salat tarawih LDII di rumah masing-masing itu juga mendukung kesepakatan bersama tentang seruan bersana Nyepi yang telah ditandatangani majelis lintas agama bersama pemerintah, aparat, dan pihak terkait, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kecamatan.

"Sebagai upaya menjunjung tinggi toleransi, juga kami wujudkan dalam bentuk program LDII Tabanan Ngejot atau LDII Tabanan Berbagi," katanya.

Pada Senin (20/3) ini pemuda LDII Tabanan menyambangi Balai Banjar Malkangin, Tabanan. Mereka bertemu anggota seka teruna-teruni (STT) yang telah merampungkan pembuatan ogoh-ogoh.

Pemuda LDII menyerahkan air mineral kepada anggota STT yang akan dibawa saat parade ogoh-ogoh pada Selasa (21/3) sore.

BACA JUGA:Pasti Dipecat, 5 Polisi Polda Jateng Calo Penerimaan Bintara Juga Jalani Proses Pidana

Pihaknya berharap pelaksanaan Nyepi yang berbarengan dengan awal Ramadan ini bisa berjalan aman, tertib dan lancar, dan membawa kedamaian untuk kita semua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: