Profil Rasmus Paludan, Politikus Rasis yang Berulang Kali Bakar Alquran

Profil Rasmus Paludan, Politikus Rasis yang Berulang Kali Bakar Alquran

pemimpin partai politik sayap kanan, Rasmus Paludan. -Dok NewsArab-

JAKARTA, FIN.C.ID- Politisi partai sayap kanan Denmark, Rasmus Paludan jadi sorotan dunia setelah aksinya membakar alquran di Swedia pada Sabtu 21 Januari 2023 lalu. Berikut profil dan kontroversi Rasmus Paludan

Rasmus Paludan lahir pada 2 Januari 1982. Dia merupakan pimpinan partai politik sayap kanan bernama Denmark Stram Kurs yang dibentuk pada tahun 2017. 

Ayah Paludan merupakan seoran jurnalis Swedia, Tomas Polvall yang berkebangsaan Swedia. Mengikuti Ayahnya, Paludan kemudain menjadi warga negara Swedia sejak 10 Oktober 2020.

Paludan mempunyai dua saudara, yakni kakaknya bernama Tine Paludan yang merupakan seorang penyair terkenal. Dan saudara satunya bernama Martin Paludan yang merupakan seorang penulis.

Rasmus Paludan dikenal sebagai politikus rasis yang anti islam. Dia sering melakukan aksi pembakaran kitab suci umat Islam, Alquran.

BACA JUGA:Kenali Rasmus Paludan, Politisi 'Pembakar Alquran' di Swedia

BACA JUGA:Politikus Garis Keras Ini Berencana Bakar Alquran pada 28 Agustus 2020

Paludan mendirikan partai Stram Kurs pada 2017 yang menghadirkan pandangan ekstremis yang kuat tentang Islam dan imigrasi non-Barat. 

Paludan sangat menentang imigrasi non-Barat dan kehadiran Islam di Denmark. 

Dia terkenal karena banyak kejadian dan demonstrasi politiknya, seringkali di daerah dengan banyak imigran Muslim. 

Selama demonstrasi, dia telah menyampaikan pernyataan anti-imigran dan rasis serta mencela Muslim dan Islam secara keseluruhan.

Paludan telah beberapa gelar aksi membakar Alquran dan merusaknya. Sejumlah aksi pembakaran Alquran yang dilakukan selalu mendapat perlindungan dari apart kepolisia.

BACA JUGA:Amukan Massa Ketika Aktivis Sayap Kanan Bakar Alquran

BACA JUGA:Pembakar Alquran Ditangkap Polisi, DPR Beri Apresiasi

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: