Ridwan Kamil Buka Suara Soal Guru yang Dipecat Usai Kritik Dirinya

Ridwan Kamil Buka Suara Soal Guru yang Dipecat Usai Kritik Dirinya

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.-Twitter/@ridwankamil-

Ridwan Kamil Buka Suara Soal Guru yang Dipecat Usai Kritik Dirinya - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil akhirnya buka suara soal guru yang dipecat usai mengkritik dirinya.

Dikatakannya, pemecatan seorang guru SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon bernama Muhammad Sabil Fadhilah yang heboh tersebut tak ada kaitannya dengan dirinya.

Ditegaskannya tak ada hubungan dengan kritik yang disampaikan kepada dirinya selaku Gubernur Jawa Barat.

Dikatakan Kang Emil, begitu nama populernya, dirinya bukanlah sosok pemimpin yang anti kritik.

BACA JUGA:Gegara Tanya ini ke Ridwan Kamil, Guru Honorer SMK di Cirebon Dipecat dari Sekolah

"Saya tidak anti kritik, saya terbuka, sudah ribuan kritik masuk. Seorang pemimpin tidak boleh anti kritik, makanya saya tidak mengeluarkan statement yang anti kritik," katanya di Bandung, Kamis, 16 Maret 2023.

Diungkapkannya, setiap kritikan atau pertanyaan dari luar yang ditujukan kepada dirinya di media sosial selalu dibalas berdasarkan kritikan atau pertanyaan tersebut.

"Kalau keliru saya jawab dengan data. Kalau bercanda saya jawab dengan bercanda. Bahwa ada pihak sekolah yang merespons berbeda, itu jadi momentum peraturan mereka," ungkapnya.

Untuk itu, saat guru Muhammad Sabil Fadhilah mengkritik dirinya di media sosial dengan menggunakan kata "maneh" (kamu, dan biasa digunakan kepada lawan bicara maksimal sebaya dan konteksnya bisa tidak sopan), maka dirinya memerintahkan pihak sekolah untuk mengingatkan.

BACA JUGA:Kronologi Guru Honorer Cirebon Dipecat Setelah Kritik Ridwan Kamil

"Menurut saya cukup diingatkan saja, tidak sampai diberhentikan. Seolah-oleh karena mengkritik saya jadi diberhentikan. Terus saya-nya dianggap anti kritik. Saya kira enggak begitu" kata dia.

Disdik Jabar Perintahkan Cabut Surat Pemecatan 

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya, bahwa pihaknya memastikan tak ada perintah apapun dari Ridwan Kamil untuk memecat Muhammad Sabil Fadilah sebagai guru di SMK Telkom Cirebon dan SMKS Ponpes Minbauul Ulum.

"Jadi saya tegaskan tak pernah ada perintah dari Pak Gubernur untuk memberhentikan yang bersangkutan," ujarnya. 

Dikatakannya, Disdik Jabar juga sudah mengonfirmasi Kantor Cabang Dinas (KCD) Cirebon dan memastikan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sabil masih tercatat di Dinas Pendidikan Jabar. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: