Dukung Inovasi Anak Bangsa, PLN Beri Pendanaan Tiga Startup Terbaik Program PLN Elevation: Watts Up

Dukung Inovasi Anak Bangsa, PLN Beri Pendanaan Tiga Startup Terbaik Program PLN Elevation: Watts Up

PLN Beri Pendanaan Tiga Startup Terbaik--

JAKARTA - PT PLN (Persero) mengumumkan tiga perusahaan rintisan (startup) pemenang program akselerasi PLN Elevation: Watts up! Amtiss, Katalis dan Leastric menjadi tiga startup terbaik dari 310 peserta yang mendaftar dan mengikuti pembinaan selama enam bulan.

Apresiasi tinggi disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Dia mengatakan PLN Elevation: Watts Up! bukan sekedar kompetisi startup. Lebih dari itu, gelaran ini sebut Darmawan menjadi momentum yang sangat bersejarah untuk mewujudkan terobosan menjadi program nyata. 

"Saya mengapresiasi terselenggaranya PLN Elevation yang luar biasa. Ini bentuk komitmen dari PLN untuk melibatkan seluruh potensial karya anak bangsa," ungkap Darmawan.

BACA JUGA:PLN Bersama Kesultanan Yogyakarta dan Pemprov DIY Kembangkan Green Economy di Gunungkidul

PLN Elevation: Watts Up! adalah program kompetisi dan akselerasi bisnis dengan fokus inovasi berbasis lingkungan dan transisi energi. 

Menurut Darmawan ratusan startup yang mendaftar datang dengan ide-ide brilian. Namun PLN hanya menjaring 10 startup terbaik yang dianggap memiliki gagasan out of the box. 10 startup tersebut mengikuti rangkaian mentorship dan diberi kesempatan melakukan uji coba produk di dalam lingkungan operasional serta ekosistem PLN, hingga akhirnya dipilih tiga terbaik.

"Inilah startup yang out of the box. Yang berhasil membangun ide dengan sangat kreatif. Yang berhasil membuktikan kemampuannya menciptakan solusi. Membangun ekosistem bisnis besar bersama PLN," tambah Darmawan. 

Tiga pemenang tersebut menurut Darmawan akan mendapatkan tambahan dana pengembangan usaha senilai masing masing Rp 150 juta.

BACA JUGA:Bersama PLN, Jalan Sehat BUMN di 3 Wilayah Sukses Bawa Berkah Pelaku UMKM

Sedangkan untuk tujuh peserta lainnya tidak tertutup kemungkinan diberi kesempatan untuk melanjutkan uji coba produk dalam bentuk kerja sama bisnis dengan PLN.

Sebelumnya pada tahap sebelumnya, kesepuluh finalis startup telah mendapatkan pendanaan masing-masing Rp 100 juta. Sehingga total dana yang digelontorkan PLN untuk mendukung perusahaan startup tersebut senilai Rp 1,450 Miliar.

“PLN punya mimpi untuk mencapai net zero emission pada 2060. Ambisi besar ini membutuhkan tak hanya pergerakan dan perubahan dari pihak internal PLN, tapi juga partisipasi dari banyak pihak eksternal untuk bersama-sama menemukan best practice yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan serta cara kerja PLN," tambah Darmawan.

Para inovator, para kreator, engineer, entrepreneur, dan para founder. Yang tidak cukup hanya melahirkan ide, tetapi juga kita bersama-sama mewujudkan terobosan yang hebat dari gagasan menjadi kenyataan.

BACA JUGA:Pecah! Deep Purple Guncang Kota Solo dengan Support Listrik PLN Tanpa Kedip

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: