GenPi Optimis Piala Dunia U-20 2023 Akan Bangkitkan Potensi Wisata Olahraga Tanah Air

GenPi Optimis Piala Dunia U-20 2023 Akan Bangkitkan Potensi Wisata Olahraga Tanah Air

Erick Thohir cek kesiapan pasokan listrik Stadion Manahan untuk event Piala Dunia U-20-PLN-PLN

GenPi Optimis Piala Dunia U-20 2023 Akan Bangkitkan Potensi Wisata Olahraga Tanah Air- Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Siti Chotijah mengatakan, Piala Dunia U-20 ini bisa menjadi ajang kebangkitan pariwisata olahraga tanah air. Sebab, seluruh mata dunia akan tertuju ke Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah pesta sepak bola akbar nomor dua FIFA. 

Oleh sebab itu, GenPI yang konsen pada dunia wisata Indonesia menyambut baik ajang Piala Dunia U-20 2023 ini. 

“Ini menjadi ajang promosi bagi seluruh peserta dan juga nanti yang jadi terpaan media dari promosi Piala Dunia U-20 ini. Kami sangat menyambut baik dan kalau bisa memang semakin banyak event, apalagi yang bertajuk internasional ini juga akan semakin meningkatkan kunjungan wisata begitu,” kata Siti Chotijah kepada wartawan, Selasa 14 Maret 2023.

BACA JUGA:Cek Stadion Manahan Solo untuk Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Pastikan Kesiapan Listrik Aman

Dikatakan Siti Chotijah, ia mendukung penuh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam menggairahkan pariwisata Indonesia lewat ajang Piala Dunia U-20. Hal ini tak lepas dari trend baru yang berkembang saat ini, yakni sport tourism.

“Kalau dari kami (GenPI) melihatnya ini memang sebuah potensi yang besar, jadi salah satu trend yang berkembang itu adalah sport tourism, menggabungkan antara sport dengan tourism begitu, dan penyelenggaraan berbagai event olahraga di Indonesia apalagi yang bertajuk internasional Itu sudah pasti akan meningkatkan animo kunjungan wisata ke Indonesia,” ujarnya. 

Menurut perempuan yang akrab disapa Mba Jhe ini, meski ada isu soal tindakan onar yang dilakukan oknum turis asing, ia optimis potensi wisata di Bali akan kembali bangkit dengan adanya gelaran Piala Dunia U-20.

BACA JUGA:Piala Dunia U20, PLN Siapkan Skenario Kelistrikan Zero Down Time di 6 Stadion Utama dan Fasilitas Pendukungnya

Sebab, lanjut Mba Jhe, Piala Dunia U-20 akan jadi sentral ekonomi wisata karena kesadaran bahwa Bali merupakan jantung pariwista Indonesia. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Terkait dengan apa yang terjadi di Bali saat ini, yakni pelanggaran yang dilakukan oleh wisatawan asing itu sebenarnya satu masalah tersendiri, tapi sebenarnya itu tidak mengganggu animo masyarakat yang akan datang kembali, khususnya untuk melaksanakan dan menonton Piala Dunia U-20,” ucapnya.

BACA JUGA:Fokus Sepak Bola, Zainudin Amali: Cek Kesiapan Piala Dunia U-20 dan Evaluasi Kegagalan Timnas U-20

Oleh karena itu, GenPI berharap agar PSSI bersama pemerintah pusat maupun daerah terus mensosialisasikan potensi wisata Indonesia melalui ajang Piala Dunia U-20, karena wisata Indonesia tidak hanya di Bali tetapi di daerah-daerah lain juga perlu ditingkatkan.

Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat lokal juga sangat perlu agar wisatawan asing merasa betah berada di Indonesia. 

“Harapan kami terhadap PSSI khususnya kepada Pak Erick Thohir ini melalui ajang Piala Dunia U-20 ini harapannya semakin meningkatkan kesadaran dari masyarakat lokal untuk memberikan pelayanan yang baik, lalu melalui Piala Dunia U-20 ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia di berbagai negara,” harapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: