Piala Dunia U20, PLN Siapkan Skenario Kelistrikan Zero Down Time di 6 Stadion Utama dan Fasilitas Pendukungnya

Piala Dunia U20, PLN Siapkan Skenario Kelistrikan Zero Down Time di 6 Stadion Utama dan Fasilitas Pendukungnya

PLN Siapkan Skenario Kelistrikan Zero Down Time--

SURAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga didampingi Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan enam stadion tempat perhelatan Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei 2023 siap untuk digunakan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan gelaran Piala Dunia U-20 merupakan tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia. Indonesia yang dipercaya menjadi tuan rumah, menjadi kebanggan sekaligus menjadi momen yang tepat untuk Indonesia gerak cepat bebenah.

Karena itu, penting untuk memastikan kesiapan seluruh stadion yang akan menjadi tempat dimulainya tonggak kebangkitan sepak bola di Indonesia.

BACA JUGA:PLN Siapkan Sistem Terintegrasi Untuk Pelayanan Kendaraan Listrik di Aplikasi PLN Mobile

"Alhamdulillah ini hari kedua kita mengecek kesiapan, kemarin kita sudah ke Sumatera Selatan, lalu ke Bandung dan hari ini di Solo dan sehabis ini kita ke Surabaya dan Bali. Tentu Solo ini menjadi sangat penting karena di sini nanti final dan juga rencana closing untuk Piala Dunia U-20," kata Erick saat meninjau kesiapan Stadion Manahan, Solo, Minggu (12/3).

Menpora Zainudin Amali menegaskan komitmen Pemerintah menjamin kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. Salah satunya dengan memastikan kesiapan enam stadion yang akan menggelar pertandingan Piala Dunia usia muda tersebut.

"Pemerintah meng- guarantee tentang kesiapan menjadi tuan rumah dengan memastikan apa yang sudah dikomitmenkan dengan Pemerintah daerah itu berjalan dengan baik dan siap menjadi tempat penyelenggaraan, dan Solo ini sudah bisa dipastikan menjadi tempat final," kata Zainudin.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan gelaran Piala Dunia U20 merupakan hajatan akbar dunia. Indonesia memastikan akan menjadi tuan rumah yang ramah dan siap untuk menghelat acara yang meriah.

BACA JUGA:Ajang BCOMSS 2023, PLN Borong 5 Penghargaan Communications & Sustainability Dari Kementerian BUMN

"Oleh karena itu, kami dari PLN akan all out memastikan listrik untuk gelaran piala dunia ini cukup dan andal, sehingga kebesaran nama Indonesia akan semakin dikenal dunia," tegas Darmawan.

Dirinya merinci, PLN akan menggunakan skema zero down time atau listrik tanpa kedip di enam stadion utama yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar Bali. 

"Seluruh stadion tempat pertandingan kami suplai dan amankan dengan pasokan listrik 3 lapis. Sehingga kami memastikan seluruh pertandingan akan berjalan aman, mulai dari pencahayaan hingga seluruh peralatan pendukung selama pertandingan tak akan mengalami kendala," tegas Darmawan.

Pada lapis pertama, masing-masing dari stadion akan dipasok minimal dari dua penyulang listrik. Lapis kedua, PLN akan menyiagakan 55 Uninterrupted Power Supply (UPS) dengan kapasitas besar di enam Stadion tersebut. Lapis ketiga, PLN akan menyiagakan pasokan cadangan dengan 37 genset kapasitas besar.

BACA JUGA:Siap-siap, Sinergi PLN-Himbara Bakal Permudah Masyarakat Miliki Motlis

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: