Ramah di Kantong, Ini Tips Mencari Tiket Pesawat Murah untuk Mudik

Ramah di Kantong, Ini Tips Mencari Tiket Pesawat Murah untuk Mudik

Ilustrasi - Pergerakan penumpang di bandara Soekarno Hatta-Issak Ramdhani-fin.co.id

Ramah di Kantong, Ini Tips Mencari Tiket Pesawat Murah untuk Mudik - Selain fokus beribadah, saat memasuki bulan Ramadan, sebagian masyarakat sudah mulai merancang rencana untuk mudik. Apalagi jika jarak kampung halaman dengan daerah tempat tinggal cukup jauh.

Biasanya mereka sudah mulai mencari tiket pesawat pada awal-awal Ramadan. Bahkan sebelum Ramadan sudah ada yang membeli tiket pesawat untuk mudik. 

BACA JUGA:Dishub Kota Tangerang Gelar Mudik Gratis 2023, Berangkat 19 April dari Terminal Poris Plawad

BACA JUGA:Matahari Buka Program Mudik Gratis! Cek di Sini Info dan Cara Daftarnya

Saat ini ada beragam pilihan maskapai untuk penerbangan ke daerah-daerah di Indonesia. Jadwal penerbangan yang ditawarkan juga cukup banyak. Salah satu maskapai yang banyak dipilih adalah Air Asia. Maskapai yang satu ini memiliki rute yang cukup padat ke daerah-daerah seluruh Indonesia. 

Meskipun jumlah penerbangan untuk mudik ada banyak, namun semakin mendekati Lebaran Idul Fitri, harga tiket yang ditawarkan semakin tinggi. Bahkan jumlah tiket yang tersedia semakin sedikit pula. 

Melihat kondisi tersebut, Anda harus jeli saat membeli tiket pesawat untuk mudik. Jangan sampai kemahalan atau kehabisan tiket. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik.

1. Rancang rencana mudik jauh-jauh hari

Membuat rencana mudik dengan matang akan membantu Anda dalam mengambil keputusan. Rencana ini bisa Anda buat jauh sebelum keberangkatan, minimal 2 bulan sebelum Lebaran. Dalam perencanaan ini Anda sudah mengalokasikan bujet untuk pembelian tiket, waktu keberangkatan, termasuk rencana saat balik ke rumah. 

BACA JUGA:Tersedia 24.000 Tiket Bus Mudik Gratis 2023 Ditjen Perhubungan Darat, Bisa Angkut Sepeda Motor Juga Lho...

BACA JUGA:Ini 5 Penyelenggara Mudik Gratis 2023 Beserta Link Pendaftaran, Buruan Kuota Terbatas!

2. Beli tiket mudik jauh sebelum keberangkatan

Seperti yang sudah disinggung di awal, semakin mendekati hari raya Idul Fitri harga tiket pesawat akan semakin mahal dan ketersediaannya juga semakin tipis. Oleh sebab itu, alangkah baiknya beli tiket mudik jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Anda akan mendapatkan harga tiket lebih murah jika membeli jauh sebelum keberangkatan. 

Selain itu, dengan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, Anda akan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan, sebab jumlah tiket masih banyak tersedia. Jika sudah mendapatkan jadwal dan harga tiket yang cocok, segera lakukan pemesanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kenaikan harga di hari berikutnya.

3. Pesan tiket pesawat pada malam hari

Di zaman sekarang, sebagian besar pengguna jasa transportasi pesawat terbang membeli tiket secara online. Dengan bermodalkan smartphone mereka bisa membeli tiket di mana pun dan kapan pun. Biasanya pemesanan tiket dilakukan pada pagi hari menjelang malam hari. Ini merupakan waktu sibuk orang membeli tiket pesawat. 

Agar lebih nyaman, alangkah baiknya Anda memesan tiket pesawat di luar jam sibuk tersebut, yakni pada malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tiket murah pada malam hari. Beberapa maskapai low-cost carrier (LCC) bahkan kerap menawarkan promo pada malam hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: