Berikut 5 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban

Berikut 5 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban

Amalan malam Nisfu Syaban--Pixabay

Berikut 5 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban- Saat ini umat Islam telah berada di pertengahan bulan Sya'ban 1444 Hijriah. Di malam pertengahan Sya'ban ini disebut malam nisfu sya'ban. 

Berarti tinggal 15 hari lagi Ummat Islam akan memasuki bulan Ramadan 1444 Hijriah pada tanggal 22 Maret 2023 sesuai kalender Masehi. 

Sesuai kalender masehi, tanggal 7 dan 8 Maret 2023 adalah malam Nisfu Sya'ban. Di malam ini, ummat Islam dianjurkan memperbanyak amalan. 

Anjuran beramal di malam nisfu Sya'ban berdasarkan beberapa hadis berikut: 

"Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

BACA JUGA:Begini Niat Puasa Bulan Syaban dan Amalan yang Dianjurkan Nabi

BACA JUGA:Berikut Amalan Jumat Terakhir di Bulan Rajab Menurut NU

Hadits lainnya lagi adalah hadits ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ

“Allah ‘azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam nisfu Sya’ban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.”

Menurut Ustadz Adi Hidayat yang dilansir dari beberapa ceramahnya di YouTube, Allah dan Rasulnya tidak mengkhususkan satu amalan di malam Nisfu Sya'ban ini. Hanya ummat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amalan. 

Amalan bisa berupa salat tahajud, membaca yasin, beristigfar, dzikir, berdoa dan lainnya. 

BACA JUGA:Begini Niat Puasa Bulan Syaban dan Amalan yang Dianjurkan Nabi

BACA JUGA:Bisakah Gabung Niat Qadah Ramadan dan Puasa Syaban? Simak Penjelasan Ulama Berikut

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: