Erick Thohir: Merger Pelindo Cara Tepat Menekan Ongkos Logistik

Erick Thohir: Merger Pelindo Cara Tepat Menekan Ongkos Logistik

Menteri BUMN Erick Thohir dalam Orasi Ilmiah berjudul “Eternitas Transformasi BUMN” pada saat Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Brawijaya dalam Rangka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan dalam Bidang Manajemen Strategi kepada Erick Thohir--

BACA JUGA:Dorong Hilirisasi Industri Kalbar, Subholding Pelindo & PT PBI Garap Kawasan Terminal Kijing

Erick menambahkan, bahwa strategi eternitas transformasi BUMN harus mampu menjadikan BUMN sebagai pelaku bisnis berkelas dunia yang memiliki penguasaan, jangkauan bisnis, dan pengelolaan melampaui batas-batas negara.

“Holdingisasi yang saya lakukan adalah dengan mengintegrasikan rantai nilai dan rantai pasok perusahan-perusahaan BUMN, sehingga membentuk ekosistem yang kuat yang siap bersaing di tingkat global,” kata Erick.

Untuk mendukung gagasan tersebut, Pelindo telah menyusun roadmap 2021-2025, dimana tahun 2023-2024 merupakan fase Business Expansion & Partnerships. Dalam fase ini, terdapat beberapa program ekspansi bisnis seperti Strategic Partnership, kolaborasi dengan pelayaran domestik dan global untuk peningkatan konektivitas laut, serta pengembangan konektivitas dan ekosistem logistik melalui kerjasama dengan pelaku industri logistik darat.

“Menjalankan amanat Kementerian BUMN, Pelindo berupaya mewujudkan visinya menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia melalui beberapa rencana program kerja, termasuk rencana ekspansi regional, peningkatan pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis kepelabuhanan, serta penguatan konektivitas dan ekosistem logistik melalui kerjasama dengan kawasan industri,” tutup Arif.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: