Memasuki Musim Penghujan BPBD Tangerang Dirikan 12 Posko Untuk Tanggulangi Bencana

Memasuki Musim Penghujan BPBD Tangerang Dirikan 12 Posko Untuk Tanggulangi Bencana

Kantor BPBD Kabupaten Tangerang --Dok

Memasuki Musim Penghujan BPBD Tangerang Dirikan 12 Posko Untuk Tanggulangi Bencana - Sedikitnya 12 posko penanganan penanggulangan bencana disiapkan BPBD Kabupaten Tangerang di musim penghujan ini.

Dua belas posko untuk menangani bencana seperti banjir itu didirikan BPBD di beberapa titik di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, mengatakan posko tersebut disiapkan untuk memonitor seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

BACA JUGA:Kerusuhan Sinakma Tewaskan 10 Warga Sipil, Kapolda Papua Evaluasi SOP

Serta untuk berkoordinasi dengan pihak desa serta kecamatan bila terjadi bencana alam.

"Kami telah menyiapkan 12 posko dan menurunkan 80 personel BPBD yang tersebar di tiap posko," kata Ujat, Jumat 24 Februari 2023.

Dia menjelaskan, adapun posko tersebut berada di Pos Curug, Pos Kelapa Dua, Pos BSD, Pos Tigaraksa, Pos Cisoka, Pos Balaraja, Pos Krojo.

"Selanjutnya di Pos Mauk, Pos Pasar Kemis, Pos Sepatan, Pos Pakuhaji dan Pos Kosambi," imbuhnya.

BACA JUGA:Rafael Alun Trisambodo Mundur dari ASN Ditjen Pajak, Ini Isi Surat Pernyataan Lengkapnya

Dikatakan Ujar, pihaknya juga telah menyiapkan logistik untuk kebutuhan darurat serta sarana dan prasarana perlengkapan evakuasi.

Seperti perahu karet dan tenda pengungsi jika terjadi banjir.

"Kami sudah menyiapkan logistik berupa paket sembako yang berisi beras, air mineral, susu, kecap, terigu, minyak goreng, makanan siap saji dan juga selimut," tuturnya.

"Lalu 18 perahu karet serta 9 buah tenda pengungsi pada kondisi darurat. Selain itu, kami juga sudah berkoordinasi dengan relawan kebencanaan Kabupaten Tangerang," sambungnya.

Dia pun mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air.

Serta melakukan penebangan pohon yang sudah rapuh serta waspada terhadap dampak hidrometeorologi seperti hujan petir dan angin kencang.

"Apabila memerlukan layanan kebencanaan juga dapat menghubungi call center 112 atau langsung di nomor darurat BPBD Kabupaten Tangerang 021-5984343," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: