Perkukuh Komitmen Dukung Pembangunan IKN, Brantas Abipraya Siap Dukung Infrastruktur Air Bersih IKN

Perkukuh Komitmen Dukung Pembangunan IKN, Brantas Abipraya Siap Dukung Infrastruktur Air Bersih IKN

Brantas Abipraya Siap Dukung Infrastruktur Air Bersih IKN--(dok.Brantas Abipraya)

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Brantas Abipraya (Persero) menunjukkan keseriusannya dalam berpartisipasi di pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satunya dengan memperkuat infrastruktur air bersih di IKN, melalui proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Sepaku Paket 1. Proyek inipun sudah dimulai sejak penandatanganan kontrak pada 9 Februari 2023 dan ditargetkan tuntas pada Agustus 2023.

BACA JUGA:Brantas Abipraya Targetkan Pembangunan Kantor Gubernur Sulbar Rampung Tahun 2023

“Pembangunan SPAM ini merupakan upaya Brantas Abipraya dalam mendukung terjaminnya infrastruktur dan mendukung aktivitas seluruh penduduk di IKN yang memenuhi aspek keberlanjutan sosial ekonomi dan lingkungan. Tak hanya itu pembangunan ini juga bertujuan untuk terwujudnya basic engineering design perencanaan infrastruktur terpadu yang berazaskan keberlanjutan, cerdas, modern berstandar internasional,” ujar Purnomo selaku Direktur Operasi II Brantas Abipraya.

Ditambahkan Purnomo adapun ruang lingkup pekerjaan Brantas Abipraya adalah menyusun konsep desain, pemetaan, dokumen dan gambar dasar infrastruktur, gambar permukiman (sistem jaringan, arah trase, lokasi dan kapasitas yang diperlukan).

Selain itu sebagai kontraktor, Brantas Abipraya juga mengidentifikasi dan alokasi risiko pembangunan infrastruktur, serta identifikasi dan kebutuhan lahan infrastruktur yang meliputi basic design SPAM, sistem pengelolaan sanitasi (air limbah dan sampah), sistem penyediaan drainase lingkungan dan sistem proteksi kebakaran.

Dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi champion of dam,  Brantas Abipraya juga telah mengerjakan beberapa SPAM sebelumnya, salah satunya adalah SPAM Umbulan yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

BACA JUGA:Transformasi Model Bisnis, Digital dan SDM, Brantas Abipraya Siap Menuju Era 5.0

Proyek yang juga termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini telah rampung dikerjakan pada tahun 2019 dapat memproduksi air total sebesar 4.000 liter/detik.

Tak hanya di IKN, Jawa Timur, Brantas Abipraya juga turut menyokong air bersih di Sumatera Utara melalui pembangunan SPAM Regional Mebidang.

Pekerjaan pembangunan yang masih berjalan ini nantinya dapat memenuhi dan melayani kebutuhan air minum di wilayah Medan, Binjai dan Deli Serdang.

Sebagai tambahan informasi saat ini Brantas Abipraya juga tengah mengerjakan penyelesaian Bendungan Sepaku Semoi, Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I, pembangunan Embung KIPP, Banjir Sungai Sepaku, pembangunan Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang - KKT Kariangau.

BACA JUGA:Transformasi Brantas Abipraya, Tingkatkan Kontribusi Penuh untuk Negeri

“Pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Sepaku Paket 1 ini merupakan kontribusi dan peran aktif Brantas Abipraya dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di IKN melalui infrastruktur yang berkualitas. Brantas Abipraya akan terus fokus dan berkontribusi penuh, bekerja lebih keras lagi untuk infrastruktur nasional.  Kami akan berkomitmen mendukung pemerintah dalam rangka membangun IKN atau ibukota baru di Kalimantan Timur,” pungkas Purnomo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: