Makna Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam, Melatih Kesabaran Hingga Pengampunan Dosa

Makna Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam, Melatih Kesabaran Hingga Pengampunan Dosa

Bulan dan Masjid (ilustrasi)-Istimewa-

Makna Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam, Melatih Kesabaran Hingga Pengampunan Dosa - Sebentar lagi umat islam akan merayakan hadirnya bulan Ramadhan. Bukan hanya berpuasa, bulan Ramadhan memiliki makna yang sangat berarti yaitu bulan pengampunan. 

Bulan Ramadhan yang juga disebut sebagai bulan penuh berkah itu adalah waktunya umat islam menjalankan salah satu rukun Islam, yaitu menjalankan puasa Ramadhan. 

BACA JUGA:Niat Puasa Qadha Ramadhan Berikut Artinya, Jangan Lupa Bayar Hutang Puasamu ya Gaes!

Kehadiran bulan Ramadhan selalu disambut dengan antusias oleh umat Islam. Banyak sekali amalan amalan yang dapat dilakukan seorang muslim pada bulan Ramadhan ini. 

Akan sangat merugi seorang muslim bila tidak memanfaatkan datangnya bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak amal ibadahnya.

Berhubung bulan Ramadhan tahun ini hanya tinggal menghitung hari, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui apa saja keutamaan bulan Ramadhan. 

Redaksi fin.co.id berusaha merangkum 5 keutamaan bulan Ramadhan yang wajib diketahui, ulasannya sebagai berikut:

BACA JUGA:Berikut Ucapan Selamat Isra Miraj 1444 Hijriah, Cocok untuk Caption Media Sosial

Makna Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

1. Bulan Ramadhan penuh dengan kesabaran

Makna bulan Ramadhan bagi umat Islam yang pertama adalah Sebagai bulan di mana umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Selain itu, berpuasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bulan Ramadhan bagi umat islam sangatlah besar. Ramadhan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan.

Kamu diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi ketika berpuasa, selain tentunya menahan haus dan lapar. Segala emosi, seperti nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa.

Oleh karena itu kamu sebaiknya memperbanyak ibadah dan tadarusan ketika berpuasa. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk tidak bergosip pada bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Berikut Amalan Jumat Terakhir di Bulan Rajab Menurut NU

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: