Shopee Masih Jadi E-Commerce Nomor Satu, Selanjutnya Tokopedia, Bukalapak dan Lazada

Shopee Masih Jadi E-Commerce Nomor Satu, Selanjutnya Tokopedia, Bukalapak dan Lazada

Shopee--

Shopee Masih Jadi E-Commerce Nomor Satu - Hasil riset Katadata Insight menunjukkan, sebanyak 77 persen pelaku usaha menyatakan lokapasar atau e-commerce membantu memasarkan produk. 

Sehingga para penjual bisa bisa bertahan dan berjualan di masa pandemi COVID-19.

BACA JUGA:Cara Setting HP Android Lama sebagai Alat Pelacak, Ternyata Gampang Banget

E-pasar atau e-commerce kini bukan hanya menjadi tempat berbelanja daring tetapi juga wadah strategis untuk mendukung para penjual. 

Selain itu, sebanyak 77 persen dari mereka menyatakan terdapat banyak program promo, sekitar 69 persen menilai e-commerce aman untuk bertransaksi dan 66 persen mereka mengaku lokapasar mudah digunakan.

Pada riset yang sama, sebanyak 82 persen pelaku usaha memilih Shopee sebagai e-commerce untuk berjualan online, melampaui pemain-pemain e-commerce lainnya, seperti Tokopedia (64 persen), Bukalapak (28 persen), Lazada (22 persen), Blibli (15 persen) dan lainnya (9 persen).

Adapun indikator konsiderasi penjual meliputi beberapa hal antara lain sebagian besar penjual UMKM mulai berjualan di e-commerce karena menilai platform online praktis dan bisa menjalankan usaha dimana saja (70 persen) dan menawarkan banyak promo serta gratis ongkir yang dapat menarik konsumen (69 persen).

BACA JUGA:Cara Transfer Uang Lewat Alfamart Tanpa Rekening, Klik Disini Gampang Banget!

Selain itu, ada pula hal lain yang menjadi indikator konsiderasi penjual. Bukan hanya membahas mengenai medium perpanjangan tangan terhadap konsumen ataupun kampanye yang dihadirkan setiap bulannya, akan tetapi juga meliputi bantuan dari hulu ke hilir.

Selaras dengan itu, riset Ipsos yang dilakukan pada awal tahun 2022 bertajuk "Persaingan E-Commerce di tengah Kemeriahan Akhir Tahun" memperlihatkan sebanyak 44 persen responden menilai Shopee sebagai e-commerce yang memiliki peran terbesar dalam penyediaan edukasi, penyaluran dana, dan logistik, diikuti oleh Tokopedia (35 persen) dan Lazada (10 persen).

Selain itu, untuk mencapai kemajuan yang besar dari segi bisnis, tidak sedikit pelaku usaha yang sudah memperluas jangkauannya ke pasar internasional. 

Hal ini terlihat dari mayoritas pengguna e-commerce (55 persen) menilai Shopee sebagai platform yang memiliki andil besar dalam membantu UMKM untuk memasarkan produknya secara online dari lokal hingga ke ranah global, melampaui pelaku e-commerce lainnya.

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Uang Terbaru, Langsung Cair ke saldo DANA!

Bagi pelaku usaha lokal yang sedang merintis bisnis, perputaran modal yang cepat diperlukan untuk kelancaran operasional dan produksi. Seorang penjual online Ahmad Supriadi (22) misalnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: