Pengertian Ekspansi: Bentuk, Jenis dan Strategi Terbaik Melakukan Ekspansi

Pengertian Ekspansi: Bentuk, Jenis dan Strategi Terbaik Melakukan Ekspansi

Ilustrasi ekspansi. (Pixabay)--

BACA JUGA:Sektor Industri Tetap Ekspansif di Tengah Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Global

Bentuk Ekspansi Bisnis

Bentuk ekspansi adalah hal yang perlu dipertimbangkan dan direncanakan secara matang oleh para pebisnis. 

Mengingat bahwa menjalankan sebuah usaha tidak dapat sembarangan. Beberapa macam ekspansi bisnis yang wajib kamu ketahui.

Merger

Dalam merger, kegiatan ekspansi adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan besar. 

Biasanya, merger dilakukan guna memperluas bisnis, dimana perusahaan yang lebih dominan dapat tetap menjaga identitasnya, sedangkan perusahaan lainnya akan kehilangan identitas perusahaannya secara perlahan.

Akuisisi

Akuisisi dalam ekspansi adalah kegiatan mengambil alih kepemilikan saham maupun aset dari suatu perusahaan yang dijalankan oleh para investor. Biasanya, jenis ini dimanfaatkan untuk menjaga produk agar dapat diterima secara maksimal di pasar.

Hostile Takeover

Dalam hostile takeover, ekspansi adalah kegiatan penawaran harga saham yang ingin dimiliki oleh sebuah perusahaan secara paksa. Adapun penawaran di pasar modal tersebut biasanya melebihi harga pasar pada umumnya. 

Sehingga, kepemilikan tersebut langsung berpindah tangan.

Leveraged Buyout

Pada jenis ini, tujuan ekspansi adalah untuk mengajukan pinjaman uang oleh suatu perusahaan agar dapat melakukan transaksi dengan perusahaan lain. 

Bentuk ini cukup unik karena perusahaan tidak memerlukan modal banyak dalam sekali ekspansi.

BACA JUGA:Atasi Backlog dan Penuhi Kebutuhan Hunian Milenial, BTN Ekspansi ke Aceh

Strategi Melakukan Ekspansi

Sebagai seorang pebisnis, sudah kewajiban Anda untuk dapat mengelola profit usaha secara bijak dan berpikir dengan visioner. 

Pasalnya, strategi pengelolaan keuntungan yang benar sangat dibutuhkan guna menjaga eksistensi sebuah bisnis. Di antaranya sebagai berikut.

Buat Rencana Matang

Agar tidak kehilangan kontrol atas usaha terdahulu, pastikan untuk merencanakan sematang mungkin sebelum melakukan ekspansi. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda dalam mengarahkan kemana arah bisnis baru dijalankan.

Kerja Sama Saling Menguntungkan

Strategi selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah membangun kerjasama dengan berbagai mitra usaha, baik perusahaan pesaing maupun komplemen. Pasalnya, sebuah kerjasama tersebut dapat menghasilkan solusi bermanfaat bagi masing-masing perusahaan dalam memperluas pasar.

Membuka Cabang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: