Puncak Imlek Berjalan Meriah, Ribuan Masyarakat Kota Bekasi Sambut Pawai Naga dan Barongsai Cap Go Meh

Puncak Imlek Berjalan Meriah, Ribuan Masyarakat Kota Bekasi Sambut Pawai Naga dan Barongsai Cap Go Meh

Pawai naga dan Barongsai dalam rangka perayaan Cap Go Meh di Jalan Ir. H Juanda Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Acara puncak Imlek di Kota Bekasi ditutup dengan Pawai Cap Go Meh, yang dilaksanakan mengelilingi jalan di sekitar Klenteng Hok Lay Kiong.

Pantauan langsung fin.co.id siang ini, ribuan masyarakat memadati Jalan Ir. Haji Juanda menyambut pawai Naga, Barongsai serta patung dewa yang dibawa menggunakan tandu.

BACA JUGA:Ribuan Masyarakat Kota Bekasi Tumpah Ruah di Jalan Ir. H Juanda, Menanti Parade Cap Go Meh

BACA JUGA:Ssstttt, Begini Cara Bobol WiFI IndiHome Dengan Mudah, Gak Perlu Pakai Aplikasi!

Ketua Yayasan Klenteng Hok Lay Kiong Ronny Hermawan mengungkapkan, penutupan tahun baru imlek disambut dengan baik oleh masyarakat.

"Hari ini kita melaksanakan perayaan cap go meh yaitu penutupan tahun baru imlek di kota Bekasi, antusias masyarakat begitu besar, sudah seperti pesta rakyat," kata Ronny Hermawan saat ditemui, Minggu 5 Februari 2023.

Menurutnya, ritual Cap Go Meh sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun yang lalu. Meskipun, sebelumnya sempat terhenti pada masa era orde baru.

"Dulu sempat terhenti di era orde baru, sekarang terus kita lanjutkan, ini namanya ritual pawai gotong tepekong," ucapnya.

BACA JUGA:Pelaku Begal dengan Modus Tabrak Korban di Kabupaten Bekasi Ditangkap

BACA JUGA:Cara Download Lagu Mp3 Juice Youtube, Gampang Banget Tinggal Ikuti Petunjuknya Disini, GRATIS!

Nantinya tandu yang dibawa oleh umat dari klenteng Hok Lay Kiong akan digoyang goyangkan, guna mengusir roh jahat yang membawa pengaruh negatif.

"Ini dilakukan, supaya kita khususnya Kota Bekasi terbebas dari bencana banjir, gempa bumi, dan lain-lain dan semoga masyarakatnya selamat, sehat, sejahtera semua," terangnya.

Ronny Hermawan menjelaskan, perayaan Imlek Cap Go Meh sempat terhenti selama dua tahun ketika pandemi Covid-19 tengah melanda.

Terlihat pada parade siang hari ini, antusias masyarakat Kota Bekasi sangat bersemangat menyambut pawai mulai keluar dari kelenteng hingga turun ke jalanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: