Tingkat Kepuasan Masyarakat Meningkat, Pengamat: Berkat Strategi Jitu Jokowi Dalam Aspek Ekonomi

Tingkat Kepuasan Masyarakat Meningkat, Pengamat: Berkat Strategi Jitu Jokowi Dalam Aspek Ekonomi

Presiden Jokowi (instagram.com - @jokowi) --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 76,2 persen dala survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) belum lama ini. 

Menurut pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal tingkat kepuasan masyarakat naik karena beberapa strategi jitu yang dilakukan Presiden Jokowi pada aspek ekonomi.

“Jadi kalau kita melihat satu atribut paling signifikan dari Presiden Jokowi dalam dua periode kepresidenan adalah hasil-hasil atau pencapaian ekonomi," katanya lewat siaran pers, Jumat 27 Januari 2023.

Dia mengatakan, hasil-hasil pencapaian ekonomi ini ditopang oleh tiga pilar yang pertama adalah infrastruktur sebagai penopang industri dan penopang lapangan kerja, yang kedua adalah dari sisi SDM dan ketiga pilar institusional.

BACA JUGA:Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Dongkrak Elektabilitas Ganjar-Erick

BACA JUGA:Pengamat Bilang Tingkat Kepuasan Masyarakat ke Jokowi Tinggi Bukan Berarti Bisa Perpanjang Masa Jabatan

Fithra memuji strategi jitu Presiden Jokowi di mana pada periode pertama kepemimpinannya menggenjot pembangunan infrastruktur, lalu pada periode kedua ini meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengeluarkan kebijakan kepastian hukum seperti Omnibus Law terhadap iklim investasi di Indonesia yang kondusif agar tercipta lapangan kerja dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap positif.

“Jadi kita bicara mengenai fasilitasi ekonomi melalui infrastruktur dan SDM itu yang paling penting, yang kedua adalah untuk menjamin investasi tetap stay di sini mereka juga butuh kepastian hukum oleh karena itu kita melihat dengan adanya semacam ikatan institusional yang sudah mulai dikuatkan dalam beberapa tahun terakhir nah itu yang bisa menopang ekonomi kita tetap solid,” jelasnya.

Lanjut Fithra mengatakan banyak ujian yang harus di hadapi Presiden Jokowi pada periode kedua ini seperti hantaman pandemi Covid 19 yang melanda dunia serta krisis geopolitik perang Rusia Vs Ukraina yang mengakibatkan krisis rantai pasok pangan dan energi.

BACA JUGA:Adem Ayem, Reshuffle Kabinet Mundur Lagi? Jokowi: Tunggu!

BACA JUGA:Biaya Haji 2023 Rp69 Juta, Jokowi: Belum Final Sudah Ramai

Namun, kata Fithra, Presiden berhasil menanggulanginya dengan baik sehingga dibandingkan negara lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di atas rata-rata ekonomi dunia.

“Tetapi kalau kita bandingkan dengan peer groupnya baik itu di Asia maupun di lingkup global pertumbuhan ekonomi kita juga akan masih di atas rata-rata. Nah ini yang saat ini saya rasa menjadi bahan atau kenapa masyarakat melihat bahwa Pak Presiden ini pencapaiannya cukup berhasil sehingga kepuasannya cukup tinggi,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan tingkat kepuasan Presiden Jokowi sejalan dengan tren peningkatan positif persepsi pada aspek ekonomi dan hukum. Dalam 3 bulan terakhir tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi telah terjadi peningkatan sebesar 13 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: