Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Dongkrak Elektabilitas Ganjar-Erick

Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Dongkrak Elektabilitas Ganjar-Erick

Ganjar - Erick Capres dan Cawapres Potensial menurut Hasil Survei Indikator Politik Indonesia (dok Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden (presidential approval rating) Joko Widodo ternyata berkorelasi terhadap elektabilitas bakal calon presiden 2024, terutama bagi pasangan Ganjar Pranowo - Erick Thohir yang unggul dalam 4 model simulasi Pilpres 2024 yang dibuat oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI).

Hal itu disampaikan oleh Direktur IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei secara virtual di Jakarta, Rabu, 4 Januari 2023.

BACA JUGA:Di Hadapan Masyarakat Riau, Jokowi Perkenalkan Erick Thohir: Sudah Kenal Dengan Menteri Andalan Saya Belum?

BACA JUGA:Menguak Misteri 4 Fitur Yandex Browser yang Jarang Diketahui, Tapi Kerap Digunakan Membuka Situs Terlarang

Temuan lembaganya, kata Burhanuddin, 71,3 persen warga Indonesia puas atas kinerja pemerintah Jokowi. Sementara yang tidak puas 27,1 persen. Sisa 1,6 persen tidak tahu/tidak menjawab.

"Mereka yang puas karena (Jokowi) memberi bantuan untuk rakyat kecil, membangun infrastruktur jalan, dan kinerjanya sudah bagus. Sementara yang tidak puas, sebagian besar karena menganggap harga kebutuhan pokok meningkat dan bantuan tidak merata," kata Burhanuddin.

Survei ini dilakukan pada periode 1-6 Desember 2022 dengan total 1.220 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Responden itu diwawancarai dengan tatap muka. Toleransi kesalahan (margin of error) survei ini sekitar +/- 2,92 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:Mahfud MD Ngamuk Hingga Sebut Rizal Ramli Ngawur dan Bodoh, Ternyata Gara-gara Pernyataan Ini

BACA JUGA:GB WhatsApp APK Versi Terbaru 2023, Link Download Ada di Sini, Anti-Banned!

Menariknya, kata Burhanuddin, tingkat kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi memiliki korelasi positif terhadap Ganjar Pranowo.

Dalam survei itu, IPI melakukan 4 model simulasi pasangan calon yang masuk dalam 5 besar untuk posisi Capres dan Cawapres. Hasilnya, pasangan Ganjar - Erick Thohir menduduki posisi teratas.

Model pertama, pasangan Ganjar - Erick dipilih oleh 38,6 persen responden. Disusul Anies-AHY (30,4 persen), dan Prabowo Puan sebanyak 19,8 persen. Sisanya yang tidak tahu/tidak menjawab sebesar 11,2 persen.

Pada model kedua, Ganjar-Erick mendulang suara 38,0 persen, Anies-AHY 30,8 persen dan Prabowo-Bahlil 20,0 persen. Sisa 11,1 persen tidak tahu/tidak menjawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: