Cara Menggunakan Google Meet, Rapat Online Bisa Lewat Laptop Atau Hp

Cara Menggunakan Google Meet, Rapat Online Bisa Lewat Laptop Atau Hp

Google Meet (Ilustrasi/Net)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Berikut adalah cara menggunakan Google Meet, aplikasi rapat online yang saat ini banyak digunakan masyarakat, selain aplikasi Zoom Meeting. 

Diketahui, pertemuan online menjadi hal yang jamak saat ini, terlebih sejak era pandemi di mana pergerakan manusia sangat terbatas. Google Meet menjadi salah satu sarana untuk mengadakan pertemuan secara daring. 

BACA JUGA:Cara Cek Bansos Pakai KTP di Situs Cekbansos.kemensos.go.id, Gampang Banget

BACA JUGA:Link Download GB WhatsApp Pro v17.85 Buat Android, Bisa Setel Nonaktif Panggilan WA Sampai Support Mode iOS

Meski demikian, ternyata belum semua orang mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Meet atau membuat rapat dengan Google Meet. 

Nah, pada artikel ini, kami akan bahas bagaimana cara menggunakan Google Meet. Aplikasi rapat daring yang mirip dengan Zoom Meeting.

Cara Menggunakan Google Meet Melalui PC atau Laptop

  • Masuk ke situs ini (https://meet.google.com/) lewat browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge atau Safari
  • Klik “Join or Start a Meeting”
  • Tulis judul meeting atau kode rapat agar tidak ada partisipan yang salah join (kamu juga bisa mengosongkannya apabila tidak dibutuhkan)
  • Situs akan meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Setelah diberi izin, kamu bisa langsung mengklik opsi “Join
  • Now” untuk membuat ruang meeting virtual atau “Present” untuk melakukan presentasi lewat tampilan layar personal computer (PC)

BACA JUGA:MusicallyDown Bisa Download Video di Tiktok Tanpa Watermark Gratis, Caranya Mudah Anti Ribet

BACA JUGA:Cara Download TikTok tanpa Watermark di iPhone

Jika ruang meeting virtual sudah siap, Anda bisa undang partisipan meeting lainnya dengan copy paste link video conference tersebut atau tambahkan orang menggunakan alamat email dan tunggu mereka bergabung ke dalam conference.

Cara Menggunakan Google Meet Melalui Handphone

  • Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi Google Hangouts Meet di Play Store Android Anda (atau Anda bisa download di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.meetings&hl=in)
  • Setelah selesai download, selanjutnya Anda akan diminta untuk Sign Up menggunakan email Gmail
  • Setelah Sign Up, Anda bisa langsung melakukan percakapan kelompok baik itu group chat maupun video conference. Caranya mudah, cukup klik ikon (+) di bagian pojok kanan bawah dan pilih “New Video Call”
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP atau email. 
  • Apabila Anda ingin menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP, undangan conference akan dikirim lewat SMS. Sementara jika menggunakan email, maka undangan akan masuk ke Inbox email.
  • Tunggu hingga semua orang yang diundang masuk ke dalam conference itu.

BACA JUGA:Cek Disini! Cara Unduh TikTok Untuk PC Windows, Gampang Banget Gaes

BACA JUGA:Cara Download MP3 Legal Dari TikTok Tanpa MusicallyDown, Bahkan Bisa Dapat Cuan

Jika Anda adalah partisipan yang diundang oleh penyelenggara meeting virtual, maka Anda cukup mengklik link yang dikirim lewat email atau SMS. Setelah itu, Anda akan secara otomatis bergabung dalam video conference tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: