Tak Hanya Buah dan Sayur, Serat Juga Bisa Dihasilkan dari Sumber Ini lho...

Tak Hanya Buah dan Sayur, Serat Juga Bisa Dihasilkan dari Sumber Ini lho...

Buah-buahan disebut salah satu menu yang cocok untuk sarapan-Photo by Trang Doan from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ternyata asupan serat tak hanya berasal dari buah dan sayur saja lho. 

Banyak yang beranggapan, jika serat hanya bisa didapat dari buah dan sayur saja. 

Pakar gizi klinik dr Juwalita Surapsari, Sp.GK mengingatkan orang-orang bahwa asupan serat tak hanya bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur. 

Tetapi serat juga bisa dihasilkan dari sumber lain semisal karbohidrat.

BACA JUGA:Viral Nikita Mirzani Ungkap Identitas Bunda Corla, Dulunya Laki?

"Selain sayur dan buah yang memang wajib, tetapi kita bisa juga bisa menambahkannya dari pilihan karbohidrat yang benar," ujarnya, Selasa 24 Januari 2023.

Juwalita yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia itu juga mengatakan, konsumsi protein nabati dapat meningkatkan asupan serat karena di dalam sumber protein nabati terdapat pula serat.

"Kacang-kacangan kan sumber protein nabati, tetapi juga punya serat," kata dia yang juga menuturkan pentingnya asam amino dalam protein nabati harus saling melengkapi.

Asupan sumber serat diketahui bermanfaat dalam penurunan berat badan seseorang. 

BACA JUGA:508 Daftar Obat Sirup Aman Digunakan Resmi dari BPOM

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition yang dipublikasikan tahun 2021 menemukan, peningkatan asupan serat membantu subjek penelitian menurunkan berat badan secara independen dari faktor lain dalam diet mereka.

Sebuah studi tahun 2018 dalam jurnal Nutrition juga menemukan bahwa ketika subjek hanya berfokus pada peningkatan jumlah serat dan protein tanpa lemak dalam makanan mereka, mereka makan sedikit kalori dan akibatnya berat badan pun turun.

Namun, ini tak berarti konsumsi sumber serat khususnya dari buah dan sayur harus didahulukan ketimbang makanan lain, demi membantu menurunkan berat badan.

Menurut Juwalita, sebuah studi di Malaysia menyatakan tak ada efeknya untuk penurunan berat badan apabila seseorang mendahulukan konsumsi buah ketimbang makanan lain dalam menu dietnya.

Sumber: