BPBD DKI Siagakan Personel Antisipasi Banjir di Puncak Musim Hujan

BPBD DKI Siagakan Personel Antisipasi Banjir di Puncak Musim Hujan

Ilustrasi hujan.-dok fin-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengantisipasi banjir sesuai peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menyiagakan sekitar 267 tim reaksi cepat (TRC) setiap kelurahan Jakarta.

"Sebagai upaya percepatan koordinasi dan penanganan bencana," ungkap Kepala Unit Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Michael Sitanggang di Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.

Upaya yang lain dipersiapkan BPBD DKI untuk mengantisipasi puncak cuaca ekstrem di antaranya melakukan koordinasi dengan BNPB, BMKG, para walikota, untuk menjalin sinergi dalam penanggulangan bencana.

BACA JUGA:So Sweet, Syarifah Ima Syahab Ngebet Jadi Istri Kedua Ferdy Sambo: I Love You, You Are Always In My Heart

Selain itu, memberi info dinamika kondisi cuaca dan peringatan awal berkaitan peningkatan tinggi muka air lewat peringatan dini bencana (DEWS).

Termasuk memberikan info pesan singkat dan peringatan dini cuaca lewat web, sosial media, pesan aplikasi WhatsApp dan Telegram.

"Kami menyalurkan sarana dan prasarana pendukung penanganan banjir ke tiap kelurahan yang ada di kawasan rawan banjir, seperti perahu, ring buoys (ban pelampung), jaket pelampung dan yang lain," ungkapnya.

Pihaknya pastikan persiapan posko penanganan bencana dan beberapa lokasi evakuasi.

BACA JUGA:Hari Ini Batas Waktu Pendaftaran Seleksi PPIH Haji 2023

Begitu juga dengan kelengkapan pendukung yang berada di tingkat kota/kabupaten administrasi, kecamatan dan kelurahan untuk waspada dan diaktifkan saat terjadi musibah.

Di lain sisi, BPBD DKI mengimbau warga mempersiapkan pelindungan, khususnya yang hendak beraktivitas di luar ruang, seperti bawa payung, jaket, topi, atau jas hujan.

Bagi para pejalan kaki dan pemakai kendaraan supaya menjauhi dari tempat sekitaran aliran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindar terjadi peristiwa terperosok.

Pihaknya minta warga supaya selalu memonitor informasi perubahan cuaca yang disampaikan BPBD DKI lewat situs bpbd.jakarta.go.id dan sosial media BPBD.

BACA JUGA:Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Keutamaannya

Darul Fatah

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI

google news icon

Sumber: