Kata Jacinda Ardern Saat Umumkan Mundur Diri dari Perdana Menteri Selandia Baru

Kata Jacinda Ardern Saat Umumkan Mundur Diri dari Perdana Menteri Selandia Baru

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. (ist)--

WELLINGTON, FIN.CO.ID- Jacinda Ardern mengumumkan mundur  diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Selandia Baru.

Masa jabatannya sebagai perdana menteri akan berakhir paling lambat 7 Februari 2023 ini. Jacinda Ardern tidak berencana untuk maju kembali sebagai Predana Menteri.

“Saya tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan ini, dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup tenaga untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu, ”katanya dikutip dari Asosiasi Perss, Jumat 20 Januari 2023. 

Ardern sempat mendapat pujian di seluruh dunia atas penanganannya terhadap penembakan massal di sebuah Masjid di negara itu.

Namun, dia juga menghadapi tekanan politik yang meningkat dari dalam negeri dan tingkat kecaman dari beberapa orang yang belum pernah dialami oleh para pemimpin Selandia Baru sebelumnya.

BACA JUGA:Jacinda Ardern Bakal Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Selandia Baru Awal Februari 2023

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Bertemu PM Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Pada pertemuan kaukus pertama partai tahun ini pada hari Kamis 29 Januari 2023 kemarin, Ardern mengatakan dia tidak lagi memiliki cukup tenaga untuk melakukan pekerjaannya sebagai Perdana Menteri. 

“Saya pergi, karena dengan peran istimewa seperti itu datanglah tanggung jawab – tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda adalah orang yang tepat untuk memimpin dan juga kapan Anda tidak," katanya dilansir dari The Guardian.

"Aku tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan ini. Dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup tenaga untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu, ”katanya.

Ardern menjadi inspirasi bagi wanita di seluruh dunia setelah pertama kali memenangkan posisi teratas pada tahun 2017. 

Dia tampaknya menjadi generasi kepemimpinan baru.  Pada tahun 2018, Ardern menjadi pemimpin dunia terpilih kedua yang melahirkan saat menjabat. 

BACA JUGA:Kantor Freeport Diserang, WN Selandia Baru Tewas

BACA JUGA:Produk Baja Kabupaten Bekasi Tembus Ekspor ke Selandia Baru, PJ Bupati: Dampaknya Dirasakan Warga

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: