Anak-Anak dan Mahasiswa di Bandung Diimbau Tidak Main HP di Pinggir Jalan

Anak-Anak dan Mahasiswa di Bandung Diimbau Tidak Main HP di Pinggir Jalan

Ilustrasi main handphone--pexels/Jessica-lewis

BANDUNG, FIN.CO.ID - Polrestabes Bandung mengimbau kepada anak-anak sekolah agar tak memainkan ponsel atau handphone (HP) di tempat umum atau di pinggir jalan. 

Imbauan untuk tidak memainkan hp di pinggir jalan guna mencegah aksi penjambretan.

 BACA JUGA:Babak Baru Kasus Hukum yang Membelit Dito Mahendra di Banten

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, anak-anak pelajar atau mahasiswa yang menggunakan ponsel di tempat umum bisa saja mengundang niat bagi pelaku kejahatan.

"Orang tua agar mengingatkan anak yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa agar tidak menggunakan HP pada saat di tempat umum, artinya di pinggir jalan, halte, atau warung pinggir jalan, itu hati-hati," kata Aswin di Bandung, Jawa Barat, Jumat 13 Januari 2023.

Adapun imbauan itu pun merupakan tindak lanjut dari ditangkapnya pelaku berinisial RP (20) dan DD (20) yang melakukan penjambretan terhadap seorang siswa sekolah dasar di Jalan Kresna, Kota Bandung.

Aksi itu diduga terjadi pada Kamis (12/1) sekitar pukul 13.30 WIB dan terekam dalam video CCTV yang tersebar di media sosial. Dalam video itu, tampak seorang siswi SD tengah berjalan sendirian dan dihampiri oleh kedua pelaku, kemudian ponsel siswi itu dirampas dari genggamannya dan pelaku melarikan diri.

BACA JUGA:Suasana Oksibil Mecekam, Warga Ketakutan dan Tinggalkan Perkampungan

Selanjutnya, menurut Aswin, pelaku itu hanya bisa kabur selama empat jam. Karena menurutnya kedua pelaku itu langsung diringkus tak lebih dari empat jam setelah melakukan aksinya itu.

"Sudah ditangkap oleh penyidik polsek, yang begini cukup polsek saja, sudah cukup luar biasa," katanya.

Akibatnya, kedua tersangka itu menurutnya dijerat dengan Pasal 365 KUHP. 

Adapun ponsel milik korban, menurutnya masih dalam penguasaan pelaku dan kini telah disita oleh polisi untuk diamankan sebagai barang bukti tindak pidana.

BACA JUGA:5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terbukti Membayar, Terbaru dan Populer

Untuk itu, ia pun mengimbau anak-anak agar bermain ponsel di tempat yang tertutup. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: