Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mudah Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi Mengisi Daya Laptop--PCMag

JAKARTA, FIN.CO.ID - Salah satu komponen penting untuk laptop adalah baterai. Sebagai alat untuk menunjang performa pekerjaan, laptop akan sering dipakai yang mengakibatkan baterai harus terus bekerja.

Penggunaan laptop yang tidak hati-hati akan membuat baterai tidak tahan lama dan akan rusak. Baterai yang rusak akan mempengaruhi peforma laptop dan mempengaruhi komponen-komponen lainnya. Biaya perbaikan pun akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

BACA JUGA:Cuma 'Tap-Tap' Saja Dapat Saldo DANA Gratis Hingga Rp800 Ribu, Cara dan Triknya Klik di Sini

Untuk itu, berikut cara mudah untuk merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak:

1. Memperhatikan Suhu Laptop

Apabila digunakan terus menerus, laptop biasanya akan terlalu panas. Hal ini bisa membuat baterai menguras daya yang lebih dan tidak terkontrol. Sehingga kemampuannya tidak dapat maksimal.

Sehingga penting untuk memperhatikan suhu laptop. Apabila laptop sudah terasa panas, kita bisa mematikan terlebih dulu untuk mendinginkan mesin agar baterai tetap bisa bekerja optimal.

BACA JUGA:Super Canggih, Ini Dia Spesifikasi Laptop Asus Zeebook 17 Fold OLED

2. Mengisi Daya Baterai Sebelum Laptop Mati

Cara mudah yang kedua adalah dengan mengisi daya sebelum laptop mati. Sering kali pengguna laptop mengisi daya saat laptop sudah mati. Sebaiknya sebelum laptop kehabisan daya, kita sudah mengisi dayanya terlebih dulu.

Kondisi laptop yang mati dengan keadaan 0 persen akan membuat baterai harus bekerja lebih dan tidak bertahan lama. 

BACA JUGA:Ciri-ciri Baterai iPhone Perlu Diganti

3. Mengaktifkan Mode Battery Saver

Windows sudah menyediakan fitur bawaan ini pada setiap laptop. Namun banyak pengguna laptop yang tidak memperdulikan fitur ini. Fitur ini dapat membantu laptop untuk menghemat baterai.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Brigita

Tentang Penulis

Sumber: