Menkes: Aplikasi PeduliLindungi Transformasi ke Platform Satu Sehat, Ini Fungsinya

Menkes: Aplikasi PeduliLindungi Transformasi ke Platform Satu Sehat, Ini Fungsinya

Scan barcode aplikasi PeduliLindungi.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut aplikasi PeduliLindungi akan digunakan sebagai bank data kesehatan individu.

Nantinya, PeduliLindungi juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kesehatan populasi dalam platform Satu Sehat.

BACA JUGA:Terkait Perppu Cipta Kerja, DPR RI Cuma Bisa Menerima atau Menolak, Tidak Bisa Mengubah Isinya

"Nanti PeduliLindungi kita transformasikan ke platform Satu Sehat, dimana teman-teman yang punya bisa pakai," kata Budi Gunadi, Senin 2 Januari 2022. 

Budi menjelaskan, fungsi aplikasi Satu Sehat bukan hanya vaksin dan scanning saja, tapi bisa tahu imunisasi anak. 

"Yang sudah kita pakai apa saja, cek darah di laboratorium, general check up masuk, sampai video, CT scan, MRI masuk," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta pada Senin.

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. 

BACA JUGA: Heboh! Anak Ferdy Sambo Punya Tabungan Rp 100 Triliun? Trisha Eungelica: Gua Cut Nggak Nih...

Pencabutan tersebut mulai 30 Desember 2022, sehingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi di sejumlah tempat umum pun tidak lagi diwajibkan.

Menurut Budi Gunadi, pemerintah sedang menyusun sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui platform Satu Data Indonesia yang berisi data kesehatan, keuangan, sosial hingga sumber daya alam.

"Kami adalah subsektor, dibuat sistem teknologi namanya "Satu Sehat", bagian dari Satu Data. Kami diberikan deadline sampai 2023 agar semua fasilitas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, laboratorium, harus terintegrasi datanya ke Satu Sehat supaya bisa dimanfaatkan masyarakat," tambah Budi Gunadi.

Artinya, kata Budi Gunadi, bila masyarakat membeli obat di apotek, data pembelian obat akan masuk ke Satu Sehat.

"Misalnya, pakai Apple atau Samsung Watch sudah langsung terintegrasi dan jadi milik individu, sekarang kan dimiliki fasilitas kesehatan. Nanti jadi milik individu, sehingga kalau dia sakit bisa share data ke dokter dan dokter bisa lihat record-nya seperti apa, wah rajin lari nih, jantungnya sehat, tapi beli obat di apotek untuk sakit perut," jelas Budi.

BACA JUGA:Bisa Login Nih Lur! Game Sigma Battle Royale Versi Update 2023 Segera Download di Sini, Mudah Tinggal Klik

Sumber: