Tujuan Utama Wisatawan Berlibur Akhir Tahun 2022, Mulai Dari Yogyakarta, Banyuwangi, Singapura Hingga Prancis

Tujuan Utama Wisatawan Berlibur  Akhir Tahun 2022, Mulai Dari Yogyakarta, Banyuwangi, Singapura Hingga Prancis

Ilustrasi pergerakan orang di Bandara-Angkasa Pura 2-

BEKASI, FIN.CO.ID -- Tujuan utama wisatawan berlibur akhir tahun 2022, yakni Yogyakarta, Banyuwangi, Singapura hingga Prancis. 

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Jawa Barat Joseph Sugeng Irianto mengatakan, terjadi peningkatan pemesanan tiket untuk tujuan wisata, baik domestik maupun internasional hingga 40 persen pada musim liburan kali ini. 

BACA JUGA:Musim Libur Akhir Tahun 2022, Pemesanan Paket Wisata Domestik dan Internasional Meningkat Hingga 40 Persen

Untuk tujuan wisata domestik, para wisatawan banyak memilih untuk berwisata ke pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Kota-kota tersebut masih menjadi daya tarik utama pengunjung untuk berlibur di akhir tahun 2022.

"Untuk pemesanan paket wisata atau tiket pesawat domestik mayoritas tujuannya masih umum seperti Aceh, Medan, Padang, Jogja, Malang, Surabaya, Banyuwangi dan juga Bali saat ini," kata Joseph Sugeng Irianto, kepada fin.co.id Rabu 28 Desember 2022.

Menurutnya mayoritas konsumen yang memesan tujuan wisata domestik, didominasi oleh keluarga besar ataupun perusahaan yang berlibur bersama karyawan.

Selain itu pemesanan wisata internasional juga banyak menarik konsumen yang datang ke travel agent, mayoritas mereka sudah memesan sebelum bulan Desember.

BACA JUGA:Sambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, THE 1O1 Jakarta Airport CBC Hadirkan Sinterklas

"Sementara menurut catatan kami Astindo Jawa Barat, pemesanan paling ramai untuk tujuan eropa seperti London, Amsterdam, Turkey, Prancis dan Belanda," ucapnya.

Sedangkan untuk wisata di wilayah asia, konsumen rata rata masih memilih untuk berwisata ke Korea, Thailand, Singapura dan Malaysia yang menjadi unggulan.

"Negara yang memerlukan visa konsumen sudah pesan 5 bulan sebelum keberangkatan, kalo non visa dua bulan sebelum akhir tahun sudah memesan," terangnya.

Guna kenyamanan dalam berwisata di akhir tahun, Joseph menghimbau kepada wisatawan untuk selalu memperhatikan cuaca dan keselamatan.

BACA JUGA:Diskon Tiket Kereta Panoramic dan Jadwalnya, Gambir-Yogyakarta Dijual Mulai Rp750 Ribu

"Berwisatalah dengan baik jangan terlalu bereuforia, harus waspada terhadap fenomena alam sesuai dengan arahan dari BMKG," ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: