Musim Libur Akhir Tahun 2022, Pemesanan Paket Wisata Domestik dan Internasional Meningkat Hingga 40 Persen

Musim Libur Akhir Tahun 2022, Pemesanan Paket Wisata Domestik dan Internasional Meningkat Hingga 40 Persen

Tempat wisata Kawah Putih, Bandung, Jawa BArat. -Jabar Ekspres-

BEKASI, FIN.CO.ID -- Pemesanan tiket pesawat dan paket wisata di Travel Agent, mengalami peningkatan mencapai 40 persen di musim libur akhir tahun 2022.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Jawa Barat, Joseph Sugeng Irianto mengatakan, pemesanan di akhir tahun terlihat sangat signifikan.

BACA JUGA:Sambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, THE 1O1 Jakarta Airport CBC Hadirkan Sinterklas

"Pemesanan sangat tinggi baik wisata Outbound (Keluar Negeri) maupun Inbound (Kedalam Negeri), tapi sebetulnya reservasi sudah dilakukan dari jauh jauh hari," kata Joseph Sugeng kepada fin.co.id Rabu 28 Desember 2022.

Menurutnya untuk pembelian paket wisata internasional di akhir tahun, konsumen sudah membeli paket dan mengajukan dokumen sejak bulan Juni.

"Keberangkatan bulan Desember persiapan (pengajuan) mereka sudah dilakukan mulai bulan Juli dan Agustus, negara tertentu pengajuan visanya agak sulit," ucapnya.

Sedangkan untuk negara tujuan wisata yang tidak menggunakan visa, para konsumen travel agent telah memesan paket sejak bulan November.

BACA JUGA:Diskon Tiket Kereta Panoramic dan Jadwalnya, Gambir-Yogyakarta Dijual Mulai Rp750 Ribu

Joseph menjelaskan, lonjakan pemesanan wisata domestik di Travel Agent juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi di musim libur akhir tahun 2022 ini.

"Domestik juga meningkat tinggi ya, banyak didominasi oleh wisatawan keluarga dan beberapa perusahaan yang liburan bersama karyawan," ungkapnya.

Selain itu pemesanan paket wisata menggunakan kapal pesiar di akhir tahun juga melonjak, mayoritas konsumen memilih keberangkatan dari negara Singapore.

"Iya sudah ada pemesanan untuk kapal cruise, tapi sementata ini yang masuk ke kita ini rata rata kapal yang keberangkatan dari Singapore," jelasnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Perbukitan, Cocok untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Joseph memastikan, seluruh operasional travel agent di wilayah Jawa Barat khususnya Kota Bekasi sudah kembali normal usai sempat sepi saat pandemi Covid-19.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: