Terungkap, Ternyata 11 Teroris Sumatera Anggota Kelompok Jamaah Islamiyah

Terungkap, Ternyata 11 Teroris Sumatera Anggota Kelompok Jamaah Islamiyah

Ilustrasi Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap teroris.-Issak Ramdhani-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Terungkap ternyata 1 terduga teroris yang ditangkap di Sumatera anggota kelompok jamaah islamiyah (JI).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan.

Dikatakannya, 11 terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Sumatera adalah jaringan JI.

“Densus Antiteror Polri menangkap 11 orang pelaku tindak pidana dari jaringan terorisme Jamaah Islamiyah di Kota Medan dan Tebing Tinggi Sumatera Utara,” katanya, Senin, 19 Desember 2022.

BACA JUGA:11 Orang Terduga Teroris di Sumatera Ditangkap Densus 88, Antisipasi Teror Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Abu Janda Ungkap Perbedaan Mencolok Aksi Teror Separatis KKB dan Teroris, Singgung Soal Agama

Dijelaskannya, penangkapan itu dilakukan pada Jumat (16/12) lalu, oleh Tim Densus 88 Antiteror Kasatwil Sumatera Utara bersama jajaran Polda Sumatera Utara. Kesebelas terduga memiliki peran berbeda-beda, ada yang sebagai bendahara lembaga keuangan JI, membantu menyembunyikan buronan JI, serta anggota bagian fatwa.

Kesebelas pelaku tersebut, adalah HRF, IS alias O, N alias B alias pak Bill, MS, J, W, dan S. Kemudian S alias UA, RT, RG dan A.

“Saat ini terhadap seluruh pelaku sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Densus guna pengembangan penyidikan lanjutan,” katanya.

BACA JUGA:Tak Sepakat Pernyataan AHY Soal Terorisme Tak Beragama, Husin Shihab: Teroris Gunakan Agama Untuk Teror!

BACA JUGA:Densus 88 Geledah Indekos Terduga Teroris di Dukuh Ngruki, Hanya Menemukan Buku Iqra

Adapun peran-peran para pelaku, Ramadhan merincikan, HRF berperan sebagai admin Syam Organizer (SO) Sumatera Utara dan Ketua SO Sumut pada 2018 sampai dengan 2020.

Syam Organizer merupakan yayasan amal atau lembaga keuangan dari jaringan teroris JI yang awal 2022 lalu berhasil diungkap oleh Tim Densus 88 Antiteror dengan menangkap sejumlah pengurusnya di beberapa wilayah di Indonesia.

Pelaku IS alias O sebagai even organizer Al Jabali pada saat melarikan diri ke Banda Aceh. Lalu, N alias B alais Pak Bill, sebagai “murobbi” Akademi Kader (Adira) Bukhori JI angkatan lima tahun 2015.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: