Juara 3 Piala Dunia 2022 Qatar, Kroasia Mengulang Torehan Prestasi 1998 Era Davor Suker Cs

Juara 3 Piala Dunia 2022 Qatar, Kroasia Mengulang Torehan Prestasi 1998 Era Davor Suker Cs

Timnas Kroasia meraih juara ketiga Piala Dunia 2022 Qatar (Twitter @MadridXtra)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Timnas Kroasia berhasil meraih juara tiga dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, usai mengalahkan timnas Maroko di babak perebutan juara ketiga yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Sabtu 17 Desember 2022. 

Keberhasilan tim yang berjuluk Vatreni itu mengulang kesuksesan mereka pada Piala Dunia 1998 lalu, sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa kroasia patut dipertimbangkan dalam setiap event sepakbola sejagat raya itu. 

BACA JUGA:Bangganya Model Sexy Ivana Knoll Saat Kroasia Raih Juara 3 Piala Dunia 2022, Pernah Janji 'Naked' Kalau Juara

Kroasia berhasil merebut tempat ketiga usai mengalahkan Maroko 2-1. Vatreni unggul cepat di menit ke-7 melalui gol dari Josko Gvardiol.

Maroko yang berjuluk Singa Atlas sempat merespon dengan cepat dua menit berselang melalui gol dari Achraf Dari. Namun akhirnya Kroasia berhasil memastikan kemenangan melalui gol Mislav Orsic.

Hasil positif Kroasia ini mengulang torehan mereka pada piala dunia 1998 silam, pada era Davor Suker. 

Pada Piala Dunia 1998, Kroasia juga menang dengan skor serupa 2-1 atas Belanda di perebutan peringkat ketiga. Dua gol Kroasia kala itu dari Robert Prosinecki dan Davor Suker hanya mampu dibalas Boudewijn Zenden.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: 5 Rekor Mentereng Dicetak Kroasia yang Raih Juara 3 Pasca Tekuk Maroko

Suker, juga berhasil menggondol gelar top skor pada ajang yang digelar di Prancis tersebut usai bikin enam gol. Piala Dunia 1998 merupakan keikutsertaan pertama Kroasia di ajang Piala Dunia.

Kroasia total telah enam kali mengikuti Piala Dunia hingga edisi 2022. Prestasi terbaik Kroasia di ajang paling bergengsi sepakbola ini terjadi empat tahun lalu di Rusia.

Mereka berhasil menembus final pada Piala Dunia 2014. Luka Modric dkk gagal juara usai kalah 2-4 dari Prancis di final.

Dua kali berhasil meraih peringkat ketiga dan sekali menjadi runner-up jelas menjadi prestasi yang luar bisa untuk Kroasia yang hanya berpenduduk 3.899 juta jiwa. 

BACA JUGA:Hasil Piala Dunia 2022: Luar Biasa! Kroasia Raih Juara 3 Pasca Bekuk Maroko

Sementara di tiga edisi lain keikutsertaan Kroasia di Piala Dunia yaitu pada 2002, 2006, dan 2014, mereka mentok di fase grup.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: