Penting! Menjaga Kaki Sehat dengan Sepatu yang Tepat

Penting! Menjaga Kaki Sehat dengan Sepatu yang Tepat

Seorang pria melakukan olahraga lari (Jogging) di alam terbuka-Pexels - Pixabay-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dokter Spesialis Bedah Ortopedi mengatakan pentingnya menjaga kaki agar tetap sehat dengan memilih dan mengenakan sepatu yang tepat.

"Biasakan untuk menggunakan sepatu yang tepat untuk aktivitas yang tepat. Karenanya, penting untuk mengetahui tujuan penggunaan sepatu sebelum membelinya," kata Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dari Universitas Indonesia Astuti Pitarini dikutip dari Antara, Senin, 12 Desember 2022.

BACA JUGA:Penderita HIV AIDS Diminta Tidak Kabur setelah Dinyatakan Positif, Pengobatannya Gratis dari Pemerintah

BACA JUGA:Kelainan Autoimun Disebabkan Alopecia Bikin Rambut Rontok, Ini Cara Mengatasinya

Lebih lanjut, dokter yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia tersebut mengatakan pengguna sering meremehkan soal kadaluarsa sepatu.

Misalnya, seorang pelari akan berisiko mengalami cedera kaki apabila sepatu yang digunakan sudah tidak berfungsi sebagai alat proteksi yang benar karena outer sole-nya sudah menipis dimakan waktu.

"Sepatu lari yang sudah digunakan lebih dari 450 kilometer sebaiknya diganti untuk mencegah terjadinya sakit pada tumit atau telapak kaki," ujarnya.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu yang baik adalah sepatu yang terasa nyaman sejak pertama kali digunakan.

BACA JUGA:Bahaya Mewarnai Rambut terhadap Kesehatan, dari yang Ringan hingga Kanker

Untuk mendapatkan sepatu yang tepat, simak beberapa tips berikut sebelum membeli sepatu. Pertama, adalah dengan mengenali bentuk dan karakteristik kaki.

Lakukan pengukuran panjang dan lebar kaki. Jangan hanya mengandalkan ukuran sepatu yang biasa digunakan karena setiap merek dan jenis sepatu bisa berbeda ukuran hingga 2 sentimeter.

Paling tepat jika melihat ukuran panjang kaki (dalam sentimeter) pada bagian luar kotak sepatu dan menyesuaikannya dengan panjang kaki.

Pengguna dapat mengukur panjang kaki secara manual dengan meteran biasa, alat ukur kaki yang ada di toko sepatu, atau secara komputerisasi dengan alat bernama foot scanner.

BACA JUGA:Ini Data dan Agama Urip Saputra, Warga Bogor yang Viral Dinyatakan Mati Lalu Hidup Lagi

Sumber: