Warga Relokasi Gempa Cianjur Dapat RISHA Senilai Rp150 Juta: Rumah Tipe 36, Luas Lahan 75 Meter Persegi

Warga Relokasi Gempa Cianjur Dapat RISHA Senilai Rp150 Juta: Rumah Tipe 36, Luas Lahan 75 Meter Persegi

Para pekerja melakukan konstruksi pembangunan 200 unit RISHA di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. (dok Humas Ditjen Perumahan PUPR)--

RISHA memiliki tiga komponen penting  yakni pertama adalah komponen utama (P1) berukuran 120 cm x 30 cm x 10 cm. Komponen utama ini berfungsi sebagai penopang struktur bangunan dan dibangun dengan sistem knock down dan di baut.

Komponen kedua (P2) memiliki ukuran 120 cm x 20 cm dan 10 cm. Bagian komponen ini menjadi  pemangku kolom struktur. Dan Komponen ketiga (P3) memiliki ukuran 30 cm x 30 cm dan 10 cm dan menjadi pengikat komponen lainnya.


Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto tengah mengecek pembangunan RISHA di lokasi Relokasi rumah Korban Gempa Cianjur, di kawasan Cilaku, Minggu 11 Desember 2022-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Bangunan RISHA ini memiliki struktur tahan gempa dari beton bertulang. Adanya sistem sambungan tersebut membuat RISHA memiliki perilaku seperti bangunan kayu.

Jadi apabila terjadi gempa bangunan ini tidak patah tapi masih bisa bergoyang dan terhindar dari kerusakan parah. Diperkirakan RISHA bisa menahan kerusakan gempa sehingga bisa memberikan waktu bagi penghuni rumah keluar apabila terjadi keruntuhan.

BACA JUGA:183 Investor Malaysia Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara Kalimantan Timur

"Komponen RISHA ini sudah sesuai SNI dan banyak dikembangkan oleh UMKM di seluruh Indonesia. Teknologi RISHA juga bisa digunakan untuk bangunan bertingkat dua lantai," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: